Portal Kabupaten Sijunjung

CEGAH NARKOBA..!! PELAJAR DIBERI PEMAHAMAN HUKUM DAN KESEHATAN TENTANG BAHAYA NARKOBA.

0

Untuk mencegah dan menekan jumlah kasus terhadap penyalah gunaan obat-obat terlarang, serta dalam rangka upaya  pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di wilayah Kabupaten Sijunjung terutama dikalangan remaja dan anak-anak sekolah, tim gabungan yang terdiri dari Satresnarkoba Polres Sijunjung, Dinas Kesehatan, Labkesda dan Kesbang melakukan kunjungan mendadak ke beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Sijunjung, salah satunya SMAN 4 Sijunjung dan SMKN 5 Sijunjung, pada Senin (31/7).

Dalam kegiatan penyuluhan tersebut,  Kasat Res narkoba polres Sijunjung, AKP Afdimon mengajak para pelajar untuk berperan aktif dan ikut serta dalam pencegahan narkoba. Selain itu, bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba telah menjadi permasalahan global, diperkirakan lebih dari 200 juta orang di dunia telah menjadi korban. “ Kasus narkoba terus meningkat secara signifikan dari tahun ketahun di wilayah hukum Polres Sijunjung. Untuk itu diperlukan upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dari semua pihak dan Masyarakat secara terpadu,” tuturny.

Oleh karena itu, menurutnya,  langkah pencegahan di usia dini mutlak dan wajib dilakukan. Dimana salah satu langkah yang paling tepat adalah dengan menggencarkan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi bahaya narkoba untuk anak di usia dini. ” Kegiatan ini merupakan agenda rutin dan instens dilakukan oleh Sat Resnarkoba Polres Sijunjung bersama Tim Gabungan dari Pemkab Sijunjung dengan mendatangi sekolah-sekolah SMP dan SMA sehingga nantinya setiap sekolah memiliki komitmen yang kuat untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolahnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa, efek narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan dan merusak mental, ketika sesorang sudah terjerumus kecanduan narkotika akan sulit keluar dari candu dan butuh rehabilitasi yang panjang untuk melupakan obat-obatan terlarang tersebut. Belum hukuman berat menanti siapa saja yang bermain-main dengan barang haram tersebut.

“Kami mengajak para siswa untuk menjadi lebih aktif dan ikut serta dalam pencegahan narkoba. Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa dapat mengetahui akan bahaya dan sanksi hukum dari pengguna narkoba ini, sehingga mereka bisa mengaplikasikan kepada dirinya sendiri untuk menghindari narkoba serta bisa menyampaikan kepada lingkungan temannya, lingkungan keluarga ataupun lingkungan sekolahnya tentang bahaya narkoba,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala sekolah SMKN 5, Drs. Asril S.Pd, menyambut baik kegiatan yang digelar Tim gabungan tersebut. Menurutnya, penyuluhan tentang bahaya narkoba akan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada anak didik mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba. “Kami berharap kegiatan penyuluhan ini akan terus dilakukan mengingat saat ini narkoba sudah merajalela sampai kepelosok-pelosok daerah terpencil. Dengan kegiatan ini, pelajar akan mengetahui akan bahaya bila mengkonsumsi narkoba, baik dari segi hukum maupun terhadap kesehatan,” pungkasnya.(endo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.