Portal Kabupaten Sijunjung

CALON JEMAAH HAJI SIJUNJUNG MENINGKAT SETIAP TAHUNNYA.

0

Sebanyak 143 orang calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Sijunjung yang tergabung pada kloter 14 akan berangkat pada tanggal 11 Agustus mendatang. Pelepasan calon jemaah haji tersebut dalam perencanaan akan dilepas secara langsung oleh Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin di masjid Istiqlal Muaro Sijunjung. Sebelum diberangkatkan ke Jeddah pada tanggal 12 Agustus, para calon jemaah terlebih dahulu dikumpulkan di embarkasi asrama haji di Kota Padang.

“Calon jemaah haji kita di Sijunjung berjumlah 143 orang yang akan di berangkatkan pada 11 Agustus mendatang. Sijunjung tergabung kloter 14, bersama kota Padang. Sebelum berangkat ke Jeddah, para jemaah dikumpulkan di asrama haji terlebih dahulu,” kata Pj. Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sijunjung, Syamsul Arifin melalui Kasi PHU Ermizaldi dan Eriensih selaku staf penyusunan dokumen haji, Rabu (2/8) siang.

Dari tahun ke tahun peningkatan jumlah calon jemaah haji terus bertambah di Kabupaten Sijunjung. “Tahun ini berjumlah 143 orang CJH, meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 98 orang,” ujar Ermizaldi.

Tidak hanya terjadi peningkatan jumlah, kalau biasanya CJH pada umumnya berusia lanjut, namun tahun ini juga terdapat calon jemaah yang berusia masih muda, dengan tahun kelahiran 1995, atau berumur 22 tahun. “CJH termuda pada tahun ini berumur 22 tahun, atas nama Fadillah, warga Tanjung Ampalu, Kecamatan Koto VII. Untuk yang tertua pada tahun ini berumur 80 tahun. Kalau tahun 2016 lalu, jemaah termuda berumur 39 tahun dan yang tertua 86 tahun,” tambahnya.

CJH yang akan diberangkatkan pada Agustus mendatang merupakan peserta yang mendaftar haji reguler sejak tahun 2010 lalu yang tercatat hingga bulan Agustus. “Yang berangkat sekarang adalah peserta yang mendaftar secara reguler pada 2010 lalu hingga bulan Agustus pada tahun tersebut, dan calon jemaah tahun ini mayoritas kaum perempuan, lebih sedikit kaum laki-laki,” tuturnya.

Mengenai persiapan para jemaah dalam menunaikan ibadah haji, kantor kementrian agama Kabupaten Sijunjung mengatakan para jemaah sudah siap, hal tersebut dilihat pada saat kegiatan manasik haji yang telah dilakukan sebanyak 25 kali. “Para CJH sudah siap, kita sudah bekali pada saat manasik haji yang dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan dari dana BPIH-PAOH, dan 15 kali pertemuan yang digelar oleh lembaga swasta pembekalan haji lainnya. Kita berharap semoga para jemaah mendapatkan haji yang mabrur dan lancar dalam menunaikannya,” harapnya.(endo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.