Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI YUSWIR LANTIK LIMA WALI NAGARI

0

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin melantik sekaligus pengambilan sumpah jabatan untuk lima Wali Nagari  periode 2017-2023 di tiga Kecamatan Kabupaten Sujunjung, kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro, kamis (28/12).

Yang mana kelima wali Nagari tersebut adalah, Asrial Wali Nagari Aie Angek (Kecamatan Sijunjung), Syafri Wali Nagari Kamang dan Nofrizal Wali Nagari Sungai Lansek (Kecamatan Kamang Baru) serta Pendi Yusman Wali Nagari Koto Baru dan Benny Putra Wali Nagari Koto Tuo (Kecamatan IV Nagari).

Turut hadir Ketua DPRD Sijunjung, Wakil Bupati Sijunjung, Forkopimda, Ketua TP.PKK Kabupaten, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian dilingkup Pemkab Sijunjung, Camat, Wali Nagari, Ketua BPN, Ketua KAN, Ketua LPM, Pemuda Nagari, Tokoh Masyarakat Nagari.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dalam sambutannya mengucapkan selamat untuk lima wali nagari yang dilantik dan diambil sumpah jabatan pada hari ini, semoga dengan amanah yang diberikan masyarakat, wali nagari mampu meningkatkan profesionalisme dan kinerja dalam pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebagaimana diamanatkan pada Undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang desa, keberadaan wali nagari memiliki peranan penting, untuk itu, segera mempelajari, memahami dan melaksanakan semua peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang nagari, terutama yang berkaitan dengan tugas, wewenang, kewajiban dan hak wali nagari serta membangun kerjasama dan komun ikasi yang sinergis dengan semua komponen”,ujar Bupati.

“Demi mengefektifkan jalannya penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, dan kemasyarakatan hingga dapat mewujudkan nagari madani yang maju, jaya, adil dan sejahtera”  tambah Bupati.

Ia berharap, terkait dengan dana desa yang diterima agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat berdampak pada percepatan perkembangan roda perekonomian masyarakat nagari, dengan tujuan dapat mensejahterakan rakyat dan memajukan nagari, dan perlu diingatkan untuk dana desa yang diterima dipergunakan secara transparan, tepat sasaran dan terencana dengan baik.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Drs.Syukri, MM mengatakan Pilwana serentak kemaren berjalan sukses dan lancar. “Siapa yang menjadi walinagari periode 2018-2023 pun sudah jelas. Sebut saja, di Nagari Aie Angek, Kecamatan Sijunjung, jumlah DPT 2.321 orang dan surat sah hanya 1.621. Dari Pilwana Aie Angek tersebut, Asrial mendulang 822 suara”, ujarnya.

“Sedangkan pada Pilwana di Nagari Kamang, Kecamatan Kamangbaru, Syafri berhasil mendulang 2.415 suara, sementara Pilwana di Nagari Sungailansek, Kecamatan Kamangbaru, diikuti  5 calon yang memperebutkan 3.635 DPT di 12 TPS. Nofrizal berhasil memenangkan Pilwana Sungailansek dengan 1.321 suara. “Pilwana di Kecamatan IV Nagari, di Nagari Koto Baru dengan DPT 1979 suara dengan 3 calon juga berhasil melaksanakan Pilwana. Pendi Yusman hanya memperoleh 729 suara, Sementara di kecamatan yang sama di Nagari Koto Tuo, Benny Putra berhasil memenangkan Pilwana dengan dukungan 348 suara “, ucapnya.

“Kami mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah ikut serta dalam menyukseskan Pilwana serentak untuk memilih walinagari periode tahun 2018-2023 dan kelima walinagari itu dilantik saat ini,” tambah Syukri. (Dicko/Noven/Rio-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.