Portal Kabupaten Sijunjung

Bupati Yuswir Arifin : Sertifikat Tanah Bisa Menggerakkan Ekonomi Masyarakat

0

Muaro.MC.Sijunjung,- Pemerintah Daerah melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sijunjung serahkan sertifikat tanah untuk masyarakat Ranah Lansek Manih, sekaligus melakukan pencanangan zona integritas eksternal menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani pada Badan Pertanahan Nasional Sijunjung.

Sertifikat tersebut diserahkan langsung Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin didampingi Kakanwil BPN Provinsi Sumatera Barat, Sudaryanto, Unsur Forkopimda Sijunjung, Asisten I, Irwandi dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Gedung Pancasila Muaro, Rabu (23/1).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Pemerintah Pusat malalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan mampu mendorong pergerakan dan kemajuan ekonomi masyarakat. Sebab, sertifikat yang dimiliki masyarakat bisa menjadi barang berharga dan bisa mereka manfaatkan kepada pihak bank dan lembaga keuangan.

“ Ini sudah terbukti bisa menggerakkan ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM di Kabupaten Sijunjung khususnya di Nagari-Nagari. Sertifikat itu bisa menjadi modal mereka untuk memajukan usahanya,” ujar Bupati Yuswir.

Ia berharap jangan sampai disalah gunakan sertifikat tersebut untuk keperluan tidak penting, untuk itu simpanlah sebaik mungkin sehingga tidak terjadi malapetaka karena sertifikat tersebut.

Dalam Laporannya, Kepala Badan Pertanahan Nasional Sijunjung, Ilham Syah menyebutkan sebanyak 250 sertifikat diserahkan langsung kepada pemilik yang masuk program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), baik sertifikat redistribusi, hak pakai instansi pemerintah dan sertifikat tanah wakaf.

” Untuk kita ketahui, bahwa Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada tahun 2018 kemaren berlokasi di 12 Nagari yang tersebar di Kabupaten Sijunjung, PTSL fisik ditargetkan sebanyak 11.447 bidang dengan realisasi peta bidang tanah sebanyak 11.447 bidang atau mencapai 100%, sedangkan untuk sertifikat hak atas tanah ditargetkan terbit sebanyak 10.947 sertifikat dengan realisasi sebanyak 2.571 sertifikat,” ungkapnya.

Kemudian, untuk tahun 2019 ini juga ditargetkan PTSL sebanyak 2.500 bidang dan redistribusi tanah sebanyak 4.000 bidang.(Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.