Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI YUSWIR ARIFIN NARASUMBER WORKSHOP NASIONAL PAUD HI

0

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mendapat kehormatan sebagai narasumber dalam Workshop Nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) yang diselenggarakan Koalisi Nasional PAUD HI, di A One Hotel  Jakarta, Rabu (15/6).

Yuswir Arifin tampil sebagai pembicara bersama Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera dan Ketua Bappeda Kabupaten Sukabumi, Dodi A Somantri tentang pelaksanaan PAUD HI di tingkat daerah. Tampil juga sebagai pembicara lain, yakni Prof Fasli Jalal, Dr.Helmizar, dan para Deputi dan Dirjen dari jajaran Kementrian terkait.

Orang nomor satu di Kabupaten Sijunjung, diundang sebagai narasumber oleh lembaga swadaya masyarakat peduli PAUD HI, karena dinilai sukses melaksanakan program PAUD HI.

”Kebijakan regulasi Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam pelaksanaan program PAUD HI perlu dicontoh kabupaten/kota di Indonesia, termasuk keterlibatan Bunda PAUD dalam program PAUD HI,” kata Koordinator Koalisi Nasional PAUD HI, Nugroho.

Dalam workshop yang dibuka Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Sujatmiko, Bupati dua periode yang sudah tiga kali menjadi narasumber dalam forum berskala nasional ini memaparkan pelaksanaan PAUD HI di daerahnya.

 “Program PAUD di Kabupaten Sijunjung dimulai tahun 2004 lalu, dengan nama waktu itu PADU,” ucap Bupati Yuswir Arifin dalam persentasi dihadapan peserta workshop dari unsur Pemerintah Pusat (Kementrian dan Lembaga), Pemerintah Daerah, DPRD, NGO/IGO, Asosiasi Pendidikan, dan Forum/Koalisi Pendidikan dan Kesehatan Anak.

Diawal pelaksanaan program PAUD tersebut, sambung orang nomor satu di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih, Pemerintah Kabupaten Sijunjung berhasil membentuk sebanyak 45 lembaga PAUD.

Tiga tahun kemudian, sebut dia, program PAUD terus berkembang dengan capaian, 60 PAUD kelompok bermain, 101 lembaga TK, dan 4 TPA.” Saat ini, jumlah lembaga PAUD di Kabupaten Sijunjung berjumlah 459,” katanya.

Yuswir Arifin yang tampak semangat berbagai pengalaman kepada peserta workshop, juga memaparkan upaya yang dirancang Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam rangka mewujudkan akses dan mutu PAUD.

Bahkan, katanya, berbagai kebijakan regulasi telah dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam membangun dan mengembangkan PAUD, mulai Peraturan Bupati hingga Peraturan Daerah.

Upaya lain yang dilakukan untuk menciptakan layanan PAUD HI, Pemerintah Kabupaten Sijunjung membentuk tim terpadu lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan organisasi mitra, disamping alokasi dana dari APBD.“Alhamdulilllah, Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD kami sudah mencapai 75,26 persen,” ujarnya.

Dalam sesi diskusi, Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung, Ny.En Yuswir Arifin juga turut menjelaskan secara teknis pelaksanaan program PAUD di lapangan, termasuk integrasi lembaga PAUD dengan Pos Yandu dan BKB.

Workshop sehari itu Bupati Yuswir Arifin juga didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung, Efigon, Kabid PAUDNI, Syamsul Bahri, Kasi PAUD, Delvianti Basri dan staf Megawati.zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.