Portal Kabupaten Sijunjung

Bupati Sijunjung Menjadi Inspektur Pada Peringatan HAB Ke 75

Muaro, MC Sijunjung – Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin bertindak selalu Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementrian Agama ke-75 Tahun 2021 di Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan di halaman Kantor Kemenag tersebut, Selasa (05/1/21).

Komandan upacara pada HAB Kemenag tersebut, H. Usrizal, SE staf PHU Kantor Kemenag Kabupaten Sijunjung. Pembacaan teks pembukaan UUD 1945 oleh Wan Eka Putra,MA dari Kepala Madrasah MAN 2 Sijunjung, sedangkan pembacaan panca prasetya Korpri dan kode etik pegawai kementrian agama oleh H.Jondri, S.Ag dari KUA Kecamatan Sijunjung dan Guswarman, S.Ag penghulu agama Kecamatan Sijunjung.

Bupati di kesempatan itu membacakan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang menyebutkan, peringatan HAB tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Pengembangan toleransi dan kerukunan antar umat beragama merupakan karya bersama para tokoh agama, para menteri agama dan aparatur kementerian agama dari masa ke masa. Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Toleransi dan kerukunan antar umat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing masing pemeluk agama.

“Dalam kesempatan ini, saya ingin mengingatkan tentang semangat Kementrian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementrian Agama. Semangat Kementrian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci, pertama manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, kedua penguatan moderasi beragama dan ketiga persaudaraan”, ujar Menag Yaqut Cholil yang dibacakan Bupati Yuswir.

Menag Yaqut Cholil juga mengajak semua agar mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijakan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa yang akan datang.

Setelah membacakan sambutan Menteri Agama, Bupati Yuswir Arifin di kesempatan itu mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf di hadapan peserta upacara karena masa jabatan sebagai Bupati Sijunjung akan segera berakhir.

“Atas nama pribadi, keluarga dan atas nama Bupati Sijunjung, saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Agama Kabupaten Sijunjung atas kerjasamanya selama ini, serta saya mohon maaf karena saya yakin dan percaya bahwa belum semuanya aspirasi masyarakat yang terpenuhi secara keseluruhan,” ujarnya.

“Kedepannya saya mengajak kita semua untuk bersama-sama meningkatkan persaudaraan, persatuan dan kesatuan untuk membangun Kabupaten Sijunjung ini sesuai dengan visi misi Bupati menjadikan Kabupaten Sijunjung yang madani secara adil, cerdas dan merata diseluruh lapisan masyarakat,” ajak Bupati Yuswir Arifin. (Noven/Andri)/infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.