Portal Kabupaten Sijunjung

Bupati Sijunjung Lantik Ratusan Panitia Pemilihan Wali Nagari Serentak

0

Muaro, MC Sijunjung – Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin melakukan pengambilan sumpah dan pelantikan panitia pemilihan Wali Nagari se-Kabupaten Sijunjung di Gor Sibinuang Sakti Muaro, Senin (1/7/19).

Pelantikan tersebut terhadap 280 orang dengan rincian tujuh orang dari masing-masing Nagari dari 40 Nagari yang akan menggelar pemilihan Wali Nagari serentak pada September mendatang.

Dalam laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Khamsiardi mengatakan maksud dibentuknya panitia pemilihan wali nagari adalah untuk dapat merencanakan, mengkoordinasikan dan mengawasi serta mengendalikan semua tahapan pelaksanaan pemilihan wali nagari di tingkat nagari.

Selain itu, untuk mewujudkan proses pilwana yang demokratis, efektif, efisien dan akuntabel serta memberikan tanggung jawab penuh kepada panitia tersebut untuk mensukseskan pemilihan wali nagari serentak pada 40 nagari yang akan gelar pilwana nantinya.

Pada kesempatan itu, Bupati Yuswir Arifin menyebutkan berdasarkan peraturan daerah kabupaten sijunjung nomor 5 tahun 2017 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian wali nagari, bahwa masa jabatan wali nagari adalah enam tahun.

Untuk itu jangan jadikan pemilihan wali nagari ini untuk memperpecah hubungan silaturahmi antar sesama, jadikan pilwana nantinya sebagai sarana pemersatu masyarakat.

Ia berharap siapapun wali nagari terpilih di suatu nagari, itulah yang akan memimpin nagari tersebut.

“Jalankan roda pemerintah nagari sebaik mungkin dan dapat menjadi figur yang peka terhadap segala sesuatu yang akan terjadi di masyarakat untuk mewujudkan tatanan kehidupan nagari yang madani, maju, jaya, adil dan sejahtera,” harapnya.(Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.