Portal Kabupaten Sijunjung

Bupati Sijunjung, Bentuk Karakter Bangsa Melalui Pramuka

0

Muaro, MC Sijunjung – Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin yang juga selaku ketua Majelis Pembimbing Gerakan Paramuka 0303, tekankan gerakan pramuka sebagai wadah untuk membentuk karakter bangsa.

Hal ini disampaikannya saat menutup kegiatan giat penggalang dan kepalangmerahan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Kwarcab 0303 Sijunjung dan pemerhati gerakan kepramukaan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pincuran Tujuah Calau, Rabu (16/10/19).

Selanjutnya ia berpesan kepada para anggota pramuka, agar selalu berada dibaris terdepan dalam setiap persoalan yang dihadapi. ” Misalnya melihat kemungkaran, prilaku tidak baik, atau prilaku sosial lainnya maka anggota pramuka harus bertindak, bersikap tanpa terlebih dahulu menunggu komando ataupun perintah” ujar Bupati.

” Ciptakanlah agen-agen perubahan sebagai panutan (role model) dan sebagai motor penggerak perubahan di Kwartir ranting dan gugus depan”, lanjutnya.

” Teruslah menjadi pramuka yang perduli dalam berbagai situasi dan kondisi, semoga pramuka bisa dan mampu mengambil peran dalam gerakan pramuka madani, gerakan pramuka menanam dan mandiri,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ramler, SH, selaku ketua pelaksana menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini dibentuk dalam tiga kegiatan, diantaranya giat prestasi penggalang yang diikuti 42 Gudep SMP dan MTS dengan jumlah peserta sebanyak 840 Orang.

” Untuk kegiatan kepalang merahan diikuti 42 gugus depan dan 2 kwaran dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang, selain itu juga dilaksanakan kegiatan api unggun,” sambungnya.

” Untuk itu ia menyampaikan hasil dari kegiatan tersebut semua peserta dapat mengikuti dengan baik, tidak ada peserta yang sakit dan gangguan-gangguan prinsip,” terangnya.

” Selama kegiatan berlangsung juga dilaksanakan berbagai lomba diantaranya lomba sholat jenazah, lomba memasak dan menghidang, momba pionering, lomba tapak perkemahan, lomba ketangkasan di air, lomba gudep dan kwaran terdisiplin,” lanjutnya.

Pemenang lomba diberikan uang pembinaan dan tropy berupa Gudep/Kwaran Tergiat masing-masing mendapat tropy dan uang pembinaan untuk peringkat I, II dan III, masing- sebesar RP.3.500.000,
RP.2.500.000, dan Rp.1.500.000, sedangkan untuk kegiatan lomba dan Gudep/Kwaran
Terdisiplin masing-masing mendapat tropy.(Noven)@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.