Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI SAMPAIKAN NOTA JAWABAN

0

Kelanjutan dari pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Sijunjung, Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo menyampaikan nota jawaban atas pandangan umum fraksi DPRD, dalam rapat paripurna di gedung dewan, Kamis (8/6/).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Muhklis Rasyid, dihadiri Sekdakab A.T. Rohendi, pejabat teras Pemkab, Kepala SKPD,  camat se-Kabupaten Sijunjung dan segenap anggota dewan.

Mengawali penyampaian nota jawaban itu, bupati mengucapkan terimakasih atas saran yang diusulkan Fraksi Golkar, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Bulan Bintang, Nurani Nasional dan Fraksi Demokrat.

Menanggapi saran anggota dewan tentang  penggabungan dinas Sosnakertrans dengan dinas Sosial, bupati menjelaskan bahwa penggabungan satu urusan pemerintahan dengan urusan pemerintahaan lain dalam suatu dinas atau badan, sesuai dengan  pasal 40 ayat (4) Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 Tahun 2016,  hanya dapat dilakukan apabila urusan tersebut berada pada satu rumpun.

Begitu pula dengan saran agar bidang perhubungan, komunikasi dan informatika serta bidang statistik digabung menjadi dinas perhubungan dan telekomunikasi,  dijelaskan bahwa bidang perhubungan dengan bidang komunikasi dan informatika maupun statistik tidak bisa dilakukan pengabungan, karena tidak berada pada satu rumpun.

Menyikapi penyampaian dewan bahwa tidak satu pun dinas atau badan yang membidangi peternakan dan perkebunan, sedangkan Kabupaten Sijunjung daerah perkebunan dan perternakan,  bupati menjelaskan bahwa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dalam sektor pertanian hanya memuat  dua  matrik lampiran, yaitu urusan pemerintahan bidang pertanian dan bidang pangan. Sementara  bidang peternakan dan perkebunan hanya merupakan bagian atau sub dari urusan pemerintahan bidang pertanian.

Tentang saran dewan agar kecamatan dibedakan tipeloginya, karena luas wilayah dan jumlah penduduk serta beban kerja yang tidak sama, dijelaskan bahwa sesuai dengan hasil skor yang didasarkan pada variabel umum yang meliputi jumlah penduduk, luas wilayah, APBD dan variable teknis yang meliputi luas wilayah kecamatan, jumlah nagari dan jumlah penduduk kecamatan, maka seluruh kecamatan di Kabupaten Sijunjung merupakan tipelogi A.

Menjawab pertanyaan dewan  tentang usulan perangkat yang baru, yaitu Dinas Pengendalian Penduduk dan KB serta Badan Keuangan daerah, bupati menjelaskan bahwa dinas dan badan tersebut bukan merupakan perangkat daerah yang baru. Tapi  hanya mengalami perubahan sesuai dengan urusan pemerintahan berdasarkan PP nomor 18 Tahun 2016.

Menanggapi pernyataan dewan bahwa dalam Ranperda pembentukan dan susunan perangkat daerah ini tidak nampak gambaran tentang eselon pada dinas dan badan, dijelaskan, sesuai ketentuan PP nomor 18 tahun 2016  tentang perangkat daerah, yang ditetapkan dengan Perda hanya tipenya saja. Sedangkan kedudukan, susunan organisasi tugas dan fungsi serta tata kerja perangkat daerah ditetapkan dengan Peraturan Bupati. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.