Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI SAMPAIKAN NOTA JAWABAN RPJM

0

Kelanjutan dari pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sijunjung tahun 2016-2021, Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, menyampaikan nota jawaban atas pemandangan umum fraksi DPRD, dalam rapat paripurna di gedung dewan, Kamis (21/7),

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Muhklis Rasyid, dihadiri Wakil Bupati H. Arrival Boy, unsur Forkopinda, Sekdakab, pejabat teras Pemkab, Kepala SKPD,  camat se-Kabupaten Sijunjung dan segenap anggota dewan.

Menjawab pertanyaan pertanyaan dewan tentang mewujudkan masyarakat Kabupaten Sijunjung yang madani, bupati mengatakan bahwa pada periode lima tahun mendatang tahapan pembangunan dititik beratkan pada pemantapan akselerasi penataan pembangunan daerah dengan kemajuan kesejahteraan masyarakat dan penguatan basis perekonomian daerah.

Justru itu, disamping harus tercermin dalam kebijakan anggaran dari tahun ke tahun, rencana pembangunan selama lima tahun kedepan  akan dilaksanakan secara bertahap berdasarkan skala prioritas dan kondisi keuangan yang ada.

“Namun demikian, kita akan tetap berjuang dan berupaya terus mencari terobosan untuk membangun daerah ini, baik melalui investasi swasta maupun melalui alokasi dana pemerintah pusat,” kata bupati.

Menanggapi pertanyaan dewan tentang mewujudkan nagari madani yang maju, jaya adil dan sejahtera serta pencapaian visi dilakukan melalui perwujudan misi pembangunan  jangka menengah supaya menempatkan sumber daya manusia yang tepat dan sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki, bupati menjelaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 100 Tahun 2000 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan struktural sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2002, pemerintah Kabupaten Sijunjung akan menempatkan sumber daya manusia yang tepat dan sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki agar terwujudnya visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sijunjung.

Terkait dengan telah keluarnya Peraturan pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 pengganti Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang SOTK, dewan menyarankan agar Pemda mempedomani sebelum melaksanakan mutasi supaya tidak terjadi permasalahan dikemudian hari, dijelaskan bahwa Pemda Kabupaten Sijunjung akan  berupaya untuk objektif dalam melaksanakan mutasi serta akan lebih berhati-hati dalam menempatkan seseorang pada jabatan tertentu.

Menanggapi saran dewan, apa yang menjadi visi dan misi sebagai program kepala daerah yang dituangkan dalam Renstra supaya tidak sekedar copi paste dari tahun ke tahun serta kewajiban bersama untuk mejamin konsistensi antara RPJPD dan RPJMD Kabupaten Sijunjung,  bupati menjelaskan bahwa dokumen RPJMD disusun  secara transparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan, dan berwawasan lingkungan.

Artinya, seluruh perencanaan program dan kegiatan yang tertuang dalam RPJMD telah disusun secara bersama dan akan dilaksanakan secara bersama serta terintegrasi. Selain itu program dan kegiatan yang tertuang dalam RPJMD telah melalui proses telaah mulai dari analisa isu strategis daerah dan penyelarasan dengan dokumen perencanaan provinsi serta nasional, sehingga konsistensi dan kesinambungan program kegiatan  yang akan dilaksanakan dapat diwujudkan. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.