Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI RESMIKAN PEMAKAIAN MUSHALLA

0

Diawali dengan pembacaan Kalam Illahi oleh pegawai Bagian Kesra, Aswandi, Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, Jumat (19/5) meresmikan pemakaian Mushalla Asmaul Husna, di komplek pasar Inpres Muaro Sijunjung.

Peresmian mushalla yang ditandai dengan pembukaan selubung merek dan menunaikan Shalat Ashar berjemaah, dihadiri unsur Forkopinda, ketua MUI Kabupaten Sijunjung H. Hidayahtullah, pejabat teras Pemkab, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabag,  para camat, ketua TP PKK Ny. Hj. En Yuswir Arifin bersama anggota, alim ulama serta tokoh dan pemuka masyarakat dari berbagai nagari.

Disamping pembukaan selubung merek dan menunaikan Shalat Ashar berjemaah, peresmian pemakain Mushalla yang sekaligus menyambut Bulan Ramadhan 1438 H, juga diisi dengan ceramah agama oleh ketua MUI Hidayahtullah serta doa dan makan bersama.

Mushalla Asmaul Husna yang berdiri di atas tanah yang diwakafkan Yuswir Arifin secara pribadi seluas 20×20 meter, bangunannya berukuran 12×12 meter, kata sekretaris pembangunan, Asril Karim.

Meski pembangunannya belum selesai 100 persen, namun sudah menghabiskan dana Rp407.550.000. Dana sebesar itu, adalah sumbangan dermawan, donatur dan sumbangan para kepala OPD.

“Untuk siap 100 persen, dibutuhkan dana lebih kurang Rp200 juta lagi. Karena cukup banyak dana yang dibutuhkan untuk menyelesaian pembangunan rumah tempat beribadah ini, kami pantia pembangunan sangat berharap bantuan dan uluran tangan dari para dermawan, termasuk dari perantau,” harap Asril Karim.

“Tujuan kami sekeluarga mewakafkan tanah untuk mendirikan mushalla, supaya masyarakat yang tinggal dan beraktifitas di sekitar ini bisa menunaikan shalat wajib lima kali sehari semalam berjemaah serta mensyiakan Islam dengan mudah,” kata Yuswir Arifin  dalam kapasitasnya sebagai masyarakat yang mewakafkan tanah.

Sebagaimana diketahui, disamping penduduk yang cukup banyak, di sekitar mushalla yang dibangun, ada pasar Impres yang pengunjungnya sangat ramai dan gedung bersama yang pejabat dan pegawainya juga cukup banyak. Sementara masjid, letaknya cukup jauh dari lokasi ini.

“Justru itu, kami sekeluarga berharap mushalla yang dibangun dimanfaatkan oleh masyarakat, pengunjung pasar serta pejabat dan pegawai di gedung bersama untuk menunaikan shalat wajib berjemaah, karena disamping berbagai pasilitas yang diperlukan, mushalla yang dibangun  juga dilengkapi dengan imam tetap,” jelas Yuswir Arifin.

Dalam kapasitasnya sebagai Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin juga berharap dan mengimbau kaum muslimin dan muslimat memanfaatkan mushalla yang dibangun untuk mensyiarkan Islam dan meningkatkan ukuwah Islamiah dengan menggiatkan belajar mengajar Al Quran dan ilmu agama serta mendirikan shalat wajib berjemaah setiap waktu. Karena setelah pemakaiannya diresmikan,  Mushalla Asmaul Husna yang dibangun langsung difungsikan, terlebih pada bulan Suci Ramadhan. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.