Portal Kabupaten Sijunjung

Bupati Panen Padi Lampai Kuniang, Kerjasama Pemkab Sijunjung Dengan Batan

0

Koto VII, MC Sijunjung – Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin lakukan Field Day panen padi galur mutan harapan varietas lampai kuniang kerjasama Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung dengan pusat aplikasi isotop dan radiasi Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) di Kelompok Tani Taruko, Nagari Tanjuang, Kecamatan Koto VII, Rabu (31/7/19).

Hadir pada acara tersebut Kepala Batan yang diwakili Deputi Bidang Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir, Prof. Dr.Ir. Efrizon Ummar, MT, Kepala Pair Batan, DR. Toti Ciptodiningrat, Peneliti Batan, Ir. Sobrizal, M.Sc, Kadis Pertanian, Ir. Ronaldi, Kadis Pangan dan Perikanan, Ir. Nizam Ulmuluk, Camat Koto VII beserta Forkopinca dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Yuswir Arifin mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Batan yang telah hadir dan bekerjasama dengan Pemkab Sijunjung untuk membantu pertanian di Sijunjung.

” Selamat datang kami ucapkan kepada Kepala Batan dan rombongan di Sijunjung ini, serta terima kasih juga atas bantuan dan kerjasamanya di bidang pertanian, semoga padi varietas lampai kuniang ini menjadi unggulan di Sijunjung dan menjadi Ikon serta disukai oleh semua orang hendaknya,”ucap nya.

” Kami juga berharap kepada Batan agar kerjasama dengan Pemkab Sijunjung tidak habis disini saja, tetapi berlanjut nantinya dengan kerjasama seperti pembibitan pada pohon lansek manih yang telah menjadi Ikon Kabupaten Sijunjung, kalau bisa Lansek Manih ini bisa sering berbuahnya,” harap Bupati Yuswir Arifin.

Kepala Batan yang diwakili Deputi Bidang Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir, Prof. Frizon Ummar, pada kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemkab Sijunjung.

” Kerjasama Batan dengan Pemkab Sijunjung ini tentang penelitian dan pengembangan tanaman pangan merupakan kegiatan yang sangat cepat, karena bisa selesai selama 4 tahun, padahal biasanya di daerah lain sampai 6 tahunan, ini merupakan kerja sama yang luar biasa,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Ir. Ronaldi dalam laporannya menyebutkan bahwa varietas padi unggul lokal lampai kuniang yang sudah dilepas ini memiliki beberapa keunggulan yaitu rasa nasi pera (disukai masyarakat Sijunjung) dan wangi. Namun dalam proses budidaya, padi lampai kuniang memiliki kelemahan dimana batangnya tinggi, umurnya panjang. Hal ini menyebabkan produksi menurun.

Untuk itu dilaksanakanlah perjanjian kerjasama antara Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (Pair) – Batan dengan Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Sijunjung tentang penelitian dan pengembangan tanaman pangan di Kabupaten Sijunjung ini.

“Kerjasama ini bertujuan perbaikan varietas Lampai Kuniang untuk memperpendek batang, mempersingkat umur panen dan meningkatkan produksi,”ucap Ronaldi.(andi) @sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.