Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI LAUNCHING RUANG BACA PUBLIK

0

Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo melaunching ruang baca publik pojok Pemilu, di Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Sijunjung, Kamis (11/8).

Launching yang ditandai dengan pengguntingan pita, dihadiri kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan serta ketua KPU Provinsi Sumatera Barat, Asisten I Setdakab H. Jaheri, ketua dan anggota KPU Kabupaten Sijunjung serta kepala SKPD.

Bupati mengatakan, berdasarkan Undang-Undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan, arsip merupakan salah satu unsur penting yang berperan dalam menentukan kelansungan hidup organisasi dan perusahaan, sehingga menjamin ketersediaan arsip yang otentik dan terpecaya sebagai bukti pertanggungjawaban daerah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sedangkan dalam Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, disebutkan bahwa setiap badan publik wajib membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik, kecuali beberapa informasi tertentu sehingga tujuan undang-undang untuk mewujudkan penyelenggaraan negara dengan baik, bisa terwujud.

Sebagai bentuk pengejawantahan, dukungan dan kepedulian Pemkab Sijunjung terhadap apa yang diamanatkan Undang-Undang nomor 43 tahun 2009 dan Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 serta berdasarkan Memorandum of Understanding (MoU) KPU RI dengan ANRI tentang pengelolaan arsip Pemilu dan pemilihan kepala daerah (Pemilukada), KPU serta Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi melakukan kerjasama dalam mengelola informasi, arsip Pemilu dan Pemilukada di Kabupaten Sijunjung.

Berkaitan dengan itu, agar tidak kehilangan rekam jejak terhadap hasil Pemilu dan Pemilukada yang nantinya menjadi data sejarah atau bukti otentik dan terpercaya dalam pelaksanaan elementer demokrasi di Kabupaten Sijunjung, diperlukan membentuk ruang baca publik berupa pojok Pemilu serta penyerahan arsip Pemilu dan Pemilukada kepada lembaga kearsipan daerah dalam hal ini Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Sijunjung, jelas Bupati Yuswir Arifin.

Kepala Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Sijunjung, Darlias selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan kerjasama KPU dengan Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi, adalah untuk pengelolaan informasi dan arsip Pemilu dengan cara menyediakan ruang baca publik, sekaligus penyerahan arsip Pemilu dan Pemilukada yang sudah diolah dan terbekas sebagai arsip statis yang sifatnya permanen sesuai dengan jadwal retensinya. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.