Portal Kabupaten Sijunjung

Bupati Launching Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Sijunjung

Muaro, MC Sijunjung – Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sijunjung dilaunching Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin di Halaman Puskesmas Gambok, Rabu (3/2/20).

Pada kesempatan dalam arahannya, Bupati menegaskan vaksinasi covid-19 perlu dilakukan terutama bagi tenaga kesehatan, karena tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Vaksin sebagai solusi untuk menekan penyebaran kasus virus berbahaya ini, Vaksin itu sangat baik fungsinya, yakni untuk membentuk daya tahan tubuh

Ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak ada lagi ketakutan untuk divaksin, Karena Vaksin Sinovac Covid-19 aman dan baik untuk digunakan dan telah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian vaksin. Termasuk apakah penerima pernah terkonfirmasi positif atau penyintas, wanita hamil, mengalami penyakit saluran pernapasan selama tujuh hari terakhir. Ataupun ada keluarga serumah yang kontak erat atau positif ataupun dalam perawatan Covid-19, ada penyakit kelainan darah, jantung, ginjal dan pencernaan”, ujarnya.

Selanjutnya, dengan adanya kriteria tersebut, maka sangat diharapkan, orang yang akan diberikan vaksin ini, untuk memberikan informasi yang jujur dan terbuka terkait keadaan medisnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Ezwandra dalam laporannya mengatakan rangkaian persiapan pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Sijunjung, berdasarkan surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat no 442.171/farmasi-SDK/1/2021 perihal jadwal distribusi (penjemputan) vaksin covid-19, dimana Kabupaten Sijunjung mendapat jadwal penjemputan pada tanggal 28 januari 2021.

” Penjemputan vaksin oleh Kepala Gudang Farmasi dan anggota 2 orang, yang dilalukan pengawalan oleh anggota Polresta Sijunjung sebanyak 4 orang, Sat Brimob Polda Sumbar, Datasemen Gegana Padang Sarai sebanyak 8 orang, perwakilan BPOM Padang,” jelasnya.

” Jumlah vaksin didistribusikan sebanyak 2200 vial sesuai dengan jumlah nakes yang akan di vaksin sebanyak 1052 orang,” terangnya.

” Kami laporkan bahwa pelaksanaan imunisasi covid-19 bagi nakes di Sijunjung sudah di mulai pada hari senen tanggal 1 februari 2020″, lanjutnya.

” Dari 13 Puskesmas, 6 Puskesmas yang memulai kegiatan ini di tanggal 1 Februari, dan dilanjutkan pada tanggal 2 Februari pada 7 Puskemas lainnya dan RSUD Sijunjung,” ungkapnya.

“Sampai kemaren hari Selasa, 2 Februari nakes yang sudah divaksinasi berjumlah 253 orang dengan rincian 74 orang pada hari pertama dan 179 orang pada hari kedua dari total 1317 yang terdaftar di aplikasi”, tutupnya.

Kegiatan turut dihadiri unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Sijunjung, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Kepala OPD, Camat, Pimpinan Puskesmas, Ketua Organisasi Profesi dan undangan lainnya.(nopen)/infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.