Portal Kabupaten Sijunjung

Bupati Lantik  Wali Nagari Manganti

0

Manganti, MC Sijunjung – Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo mengambil sumpah jabatan serta melantik Darul Fauzi sebagai Wali Nagari Manganti, Kecamatan Sumpur Kudus, di Unit Daerah Kerja  Pemerintah (UDKP) kecamatan tersebut, Kamis (12/12/19).

Pelantikan walinagari masa bakti 2019-2025 itu, dihadiri ketua dan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung; Bambang Surya Iwan dan Antonio Oska Mursil, Forkopimda, Staf Ahli  Syahrial dan  Mashariyanto, sejumlah kepala OPD, ketua tim penggerak PKK Ny. Hj. En Yuswir Arifin bersama anggota, Forkopimcam dan wali nagari se-Kecamatan Sumpur Kudus serta segenap unsur masyarakat Manganti.

Bupati berharap kepada walinagari yang dilantik mengemban amanah dan kepercayaan yang diberikan rakyat dengan segenap kemampuan dan kesanggupan, dengan kata lain jangan disia-siakan.

“Amanah dan kepercayaan yang diberikan rakyat, tidak saja dipertanggungjawabkan di atas dunia, tapi juga di makamah Tuhan. Justru itu, tunaikan dengan segenap kesanggupan dan kemampuan. Jangan sia-siakan,” pesan bupati.

Di sisi lain Bupati mengatakan, tugas dan tanggung jawab wali nagari  tidak ringan, tapi cukup berat dan kompleks. Disamping pemimpin rakyat yang didahulukan selangkah ditinggikan seranting, kusuik nan kamanyalasaian, karuah nan kamanjaniahkan, walinagari juga mempunyai tanggungjawab moral untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahtraan rakyat, dengan menggali dan memanfaatkan potensi yang ada.

Justru itu, selaku pemimpin rakyat dan nagari, dituntut kemampuan dan kemauannya memajukan pembangunan bersama masyarakat dan lembaga yang ada, karena  pembangunan bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahtraan rakyat.

Sementara kepada segenap lapisan masyarakat Manganti, Bupati  mengimbau supaya merapatkan barisan dan menciptakan silaturrahmi yang lebih harmonis, karena dengan persatuan dan kesatuan yang kokoh serta kekompakan yang terjalin erat, tidak ada yang tidak bisa dikerjakan.

Seiring dengan pelantikan wali nagari, ketua tim penggerak PKK Kabupaten Sijunjung Ny. En Yuswir Arifin melantik Asniwar sebagai ketua tim penggerak PKK Nagari Mangganti.

Berbeda dari biasanya. Seharusnya yang dilantik sebagai ketua tim penggerak PKK nagari, adalah isteri walinagari yang dilantik. Namun karena Darul Fauzi masih lajang, dengan kata lain belum beristeri, yang dilantik sebagai ketua tim penggerak PKK Nagari Mangganti, adalah Asniwar yang merupakan pilihan masyarakat.

“Seyogyanya yang dilantik sebagai ketua tim penggerak PKK Nagari, adalah isteri wali nagari yang dilantik. Namun karena bapak Darul Fauzi belum beristeri, yang dilantik sebagai ketua tim penggerak PKK Nagari Mangganti, adalah ibuk Asniwar yang merupakan pilihan masyarakat,” kata ketua tim penggerak PKK  Ny. En Yuswir Arifin.

Selain belum beristeri, Darul Fauzi juga wali nagari paling muda dari 61 walinagari yang ada di Kabupaten Sijunjung. Usianya baru 29 tahun.

“Selain belum beristeri, pak Darul Fauzi juga wali nagari paling muda dari 61 wali nagari yang ada di Kabupaten Sijunjung. Usianya baru 29 tahun,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Khamsiardi kepada infopublik. –nas/infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.