Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI KUKUHKAN SATGAS SABER PUNGLI

0

bupatikukuhsatBupati Sijunjung H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo mengukuhkan tim satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli), di Balairung Lansek Manih, Jumat (20/1).

Pengukuhan Satgas Saber Pungli yang personilnya berjumlah 47 orang, dihadiri Wakil Bupati H. Arrival Boy, wakil ketua DPRD Walbardi, unsur Forkopinda (lengkap), Sekdakab Drs. A.T. Rohendi, MM, pejabat teras Pemkab, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat se-Kabupaten Sijunjung.

Satgas Saber Pungli yang dikukuhkan, penanggungjawab Bupati Yuswir Arifin, ketua pelaksana, Wakapolres Kompol T.M. Simanungkalit, wakil ketua I, Inspektur Daerah; Endi Nazir, wakil ketua II, Kasi Intel Kejari; Ariyanto, sekretaris, sekretaris Inspektorat; Adlim Abbas, sekretaris I, KBO Intelkam Polres; Iptu Adisman, sekretaris II, Jaksa Fungsional Bidang Intel Kejari; Abdul Hadi. Anggota, Pengawas Madya Inspektorat; Sarwo Edi, Inspektorat; Aprizal; Ardy Murthi; Syafyu Afdal; Tri Aprilianto dan Jufri Hendri.

Satgas Saber Pungli juga dilengkapi dengan kelompok kerja intelijen,  kelompok kerja pencegahan, kelompok kerja penindakan dan kelompok kerja Yustisi.

Dengan anggota dari Polres, Kodim, Kejari, Denpom, Inspektorat, Kesbangpol dan Bagian Hukum, ketua kelompok kerja intelijen, Kepala Kesbangpol; Yunani, ketua kelompok kerja pencegahan, Kabag Humas Setdakab; Hendri Chaniago, ketua kelompok kerja penindakan, Kadis Polisi Pamong Praja dan Damkar; Mashariyanto, ketua kelompok kerja Yustisi, Kasi Pidus Kejari; Devitra Romiza.

Sebagaimana tercantum dalam Keputusan Bupati Sijunjung nomor: 188.45/19/KPTS-BPT-2017 tanggal 18 Januari 2017, dalam melaksanakan tugas dan fungsi, wewenang Satgas Saber Pungli sebanyak delapan point.

Pertama melakukan sosialisasi secara masif dan berkesinambungan kepada masyarakat, antara lain dengan cara memasang spanduk ‘bebas Pungli’ pada seluruh unit kerja yang melakukan pelayanan.

Kedua membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar. Ketiga melakukan pengumpulan data dan informasi dari instansi/lembaga dan pihak lain yang terkait dengan menggunakan teknologi informasi.

Keempat mengkoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan operasi pemberantasan pungutan liar. Kelima melakukan operasi tangkap tangan terhadap para pelaku Pungli di seluruh instansi terkait yang memberikan pelayanan publik.

Keenam memberikan rekomendasi kepada pimpinan instansi vertikal/lembaga serta kepala pemerintah daerah untuk memberikan sanksi kepada pelaku Pungli sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ketujuh memberikan rekomendasi pembentukan dan pelaksanaan unit pemberantasan Pungli di setiap instansi penyelenggaraan pelayanan publik kepada pimpinan instansi vertikal/lembaga dan kepala pemerintah daerah. Kedelapan melaksanakan evaluasi kegiatan pemberantasan pungutan liar.

Kepada tim Satgas Saber Pungli yang dikukuhkan, bupati berharap melaksanakan tugas, fungsi dan wewenang sebagaimana telah ditentukan, dengan harapan Kabupaten Sijunjung benar-benar bersih dari pungutan liar.

Sementara kepada seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Sijunjung, bupati berharap dan mengimbau agar menjadikan momentum pengukuhan tim Satgas Saber Pungli lebih mawas diri dalam melayani masyarakat. Jauhkan Pungli supaya tidak disikat (ditangkap) oleh tim yang dikukuhkan. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.