Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI CANANGKAN KG PKK KB-KES

0

bupacanaBupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo mencanangkan Kesatuan Gerak  (KG) PKK KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Sijunjung, di Balairung Lansek Manih, Rabu (2/11).

Pencanangan yang ditandai dengan pemukulan gong, dihadiri Forkopinda, Sekretaris BKKBN Sumbar, Mardalena, Sekdakab Drs. A.T. Rohendi, MM, pejabat teras Pemkab, kepala SKPD terkait, para camat, ketua dan wakil ketua TP PKK Ny. Hj. En Yuswir Arifin dan Ny. Hj. Ria Arrival Boy, ketua dan pengurus berbagai organisasi wanita serta tim operasional KG PKK KB Kes.

Dalam pencanangan KG PKK KB-Kes, sekaligus dilaksanakan pertemuan kesepakatan yang diikuti 250 peserta, terdiri dari pembina PKK kecamatan, unsur TP PKK kecamatan, ketua TP PKK nagari, pimpinan puskesmas, penyuluh KB kecamatan serta unsur TP PKK Kabupaten Sijunjung, aparatur BPMPN, aparatur Dinas Kesehatan serta aparatur Kantor PPr dan KB.

“KG PKK KB-Kes adalah kerja rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Karena itu saya berharap kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2016 ini hasilnya lebih baik dari sebelumnya,” harap bupati.

Bupati menambahkan, KG PKK KB-Kes adalah satu rangkaian kegiatan keterpaduan dan kemitraan yang mengandung empat hal pokok. Keempat hal pokok itu, pembudayaan hidup bersih dan sehat (PHBS), posyandu, Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) serta keluarga berencana (KB). Bila dihubungkan dengan program 10 pokok PKK, keempat kegiatan ini terkait dengan banyak SKPD.

Karena itu, agar target yang telah ditetapkan tercapai sesuai sasaran dan harapan, kepada SKPD terkait diharapkan lebih berperan aktif dalam kegiatan kesatuan gerak PKK KB- Kes yang akan berlangsung sampai akhir Desember.

Sementara masyarakat diimbau dan diharapkan memanfaatkan posyandu, memeriksa kehamilan, mengimunisasi bayi, menimbang bayi dan balita setiap bulan, memberantas jentik nyamuk dengan tiga M plus, menjaga lingkungan agar tetap bersih serta mengikuti program KB.

Sekretaris BKKBN Sumbar, Mardalena mengatakan, sampai September 2016, pencapaian program KKBPK di Kabupaten Sijunjung memperlihatkan hasil yang sangat menggembirakan, karena melebihi rata-rata Provinsi Sumatera Barat.

Hasil yang sangat menggembirakan itu, pencapaian PB 77,28 persen, dengan capaian tertinggi pada mix kontrasepsi MOP 120 persen, IP 113,42 persen, IUD 98,03, MOW 97,78, K 80,67, pil 74,96 dan suntik 64,58 persen. Sedangkan kegiatan Tribina (BKB, BKR, BKL) dan UPPKS, rata-rata pencapaian sudah di atas 100 persen.

“Atas keberhasilan yang dicapai, saya atas nama keluarga besar BKKBN Provinsi Sumatera Barat mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan PKK Kabupaten Sijunjung. Dengan harapan melalui  KG PKK KB-Kes tahun 2016 ini tercapai target secara maksimal,” harap Mardalena.

Dalam pencanangan KG PKK KB-Kes itu juga memberi sambutan ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung Ny. En Yuswir Arifin. Sedangkan laporan panitia pelaksana disampaikan Ny. Vivi Edwin Suprayogi. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.