Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI CANANGKAN BBGRM

0

Ditandai dengan pemukulan gong, Bupati Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo canangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Sijunjung ke-13 tahun 2016 , di lapangan sepakbola Jorong Muaro Gambok, Nagari Muaro, Selasa (2/8).

Disamping pemukulan gong, pencanangan juga ditandai dengan penyerahan cangkul, sapu lidi dan keranjang sampah secara simbolis oleh ketua DPRD Mukhlis Rasyid, Dandim Letkol Inf. Zusnan Hadi dan Wakapolres Kompol. TM. Simanung Kalit.

Dalam pencanangan BBGRM, diserahkan hadiah nagari terbaik I, II, III dan harapan I kategori A dan B serta Kerapatan Adat Nagari (KAN) terbaik I, II dan III tingkat Kabupaten Sijunjung tahun 2016 oleh Bupati Yuswir Arifin, Wakil Bupati Arrival Boy dan ketua Pengadilan Negeri Kamijon.

Pencanangan BBGRM yang berlangsung lancar dan sukses sesuai rencana, dihadiri wakil ketua DPRD Walbardi bersama sejumlah anggota dewan, Sekdakab A.T. Rohendi, pejabat teras Pemkab, kepala SKPD, ketua Persid Ny. Zusnan Hadi, ketua Dharmawanita Ny. Ita. A.T. Rohendi serta camat dan walinagari se-Kabupaten Sijunjung.

Bupati mengatakan, guna menghidup suburkan budaya goro dan hidup bersih di tengah masyarakat, pemerintah melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005 telah menetapkan pelaksanaan BBGRM diseluruh pelosok tanah air.

BBGRM yang dilakukan pada setiap nagari, desa dan kelurahan sebulan penuh, melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan lembaga seperti LPM, PKK dan lembaga kemasyarakatan lain, dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat.

”Karena BBGRM yang dilaksanakan dari, oleh dan untuk masyarakat, saya berharap dan mengimbau semua pihak supaya berpartisipasi dalam rangkaian kegiatannya sesuai tugas pokok dan fungsi kita masing-masing,” imbau bupati.

Pemkab sendiri, sejak tahun 2009 sudah mengalokasikan dana stimulan BBGRM Rp10 Juta sampai Rp15 Juta untuk setiap nagari dan desa.

Sedangkan pada tahun 2016 ini, dana stimulan BBGRM untuk seluruh nagari dan desa telah dialokasikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) nagari melalui alokasi dana nagari.

Sebagaimana disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari (BPMPN),   berdasarkan rencana kegiatan BBGRM yang dilaksanakan seluruh nagari dan desa di Kabupaten Sijunjung, dialokasikan dana Rp1.062.817.500.

”Dibanding tahun lalu, dana yang dianggarkan pada tahun 2016  ini meningkat signifikan. Karena itu, saya minta kepada kepala BPMPN dan camat melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan BBGRM di masing-masing nagari dan desa,” kata bupati.

Kepada walinagari dan kepala desa, bupati berharap dan berpesan supaya melaksanakan pembangunan yang sangat dibutuhkan masyarakat dengan baik serta berhasil dan berdaya guna. Baik itu pembangunan dan perbaikan jalan mau pun pembangunan serta perbaikan sarana kesehatan dan pendidikan.

Bagi nagari atau desa yang belum memiliki gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dengan kata lain hingga sekarang masih menumpang atau meminjam gedung lain, adalah kesempatan yang sangat baik untuk membangunnya melalui kegiatan BBGRM tahun 2016 ini.

”Karena itu, pergunakanlah peluang dan  kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan sia-siakan. Saya bersama Forkopinda, ketua DPRD dan pejabat lain akan turun ke nagari meninjau kegiatan yang dilaksanakan, sekaligus bergoro bersama masyarakat,” jelas Bupati Yuswir Arifin. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.