Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI BUKA SOSIALISASI GERMAS

0

01122016GERMASBupati Sijunjung Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo membuka sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), di Balairung Lansek Manih, Selasa (29/11).

Sosialisasi yang diselenggarakan aparatur Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, diikuti 145 peserta yang terdiri dari lintas program, lintas sektor, pengurus organisasi kemasyarakatan, pers, petugas puskesmas, walinagari, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pengurus lembaga pemberdayaan masyarakat.

Pembukaan sosialisasi yang ditandai dengan penyerahan alat deteksi dini PTM oleh anggota Komisi IX DPR RI H. Syuir Syam kepada Bupati Yuswir Arifin serta memakan buah secara bersama, dihadiri wakil ketua DPRD Walbardi, unsur Forkopinda, Sekdakab A.T. Rohendi, pejabat teras Pemkab dan kepala SKPD.

Disamping menyerahkan alat deteksi dini PTM kepada bupati,  anggota Komisi IX DPR RI  Syuir Syam juga menajdi nara sumber pada sosialisasi Germas itu bersama direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Heni Budiyani.

Bupati mengatakan, jauh sebelum pemerintah mensosialisasikan Germas, Pemkab Sijunjung sudah mencanangkan pembudayaan hidub bersih dan sehat bagi masyarakat melalui Forum Kabupaten Sijunjung Sehat.

Forum Kabupaten Sijunjung Sehat yang terdiri dari berbagai unsur dan lembaga itu, telah melakukan berbagai upaya guna meningkatkan hidup bersih dan sehat masyarakat. Hasil yang dicapai cukup memuaskan. Sekarang kebersihan dan derajat kesehatan masyarakat lebih baik dari sebelumnya.

“Dengan disosialisasikannya Germas ini, kita berharap kebersihan dan kesehatan masyarakat Kabupaten Sijunjung makin meningkat, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang jernih dan cerdas,” kata Bupati Yuswir Arifin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung Edwin Suprayogi selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan penyelenggaraan sosialisai Germas, adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan setiap orang untuk hidup sehat, khususnya terkait aktifitas fisik secara teratur dan terukur, konsumsi makan sayur dan buah serta melakukan deteksi dini penyakit, agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat terwujud sesuai harapan.

Supaya tujuan tercapai, materi yang disampaikan dalam sosialisasi, disajikan oleh anggota Komisi IX DPR RI  Syuir Syam serta direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Heni Budiyani, jelas Edwin. –nas@sijunjung.go.id.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.