Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI BUKA MUSRENBANG RPJMD

0

Bupati Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Sijunjung tahun 2016 -2021, di gedung Pancasila Muaro Sijunjung, Selasa (28/6).

Pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gong, dihadiri ketua dan wakil ketua DPRD Mukhlis Rasyid dan Walbardi  bersama anggota,  Wakil Bupati Arrival Boy, Forkopinda, kepala Bappeda Sumatera Barat,  Sekdakab A. T. Rohendi, pejabat teras Pemkab, kepala SKPD, ketua LKAAM Epi Radisman Datuak Panduko Alam, ketua dan wakil ketua TP PKK Ny. En Yuswir Arifin dan Ny. Ria Arrival Boy, camat dan walinagari se-Kabupaten Sijunjung serta nara sumber.

Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD)  yang inti kegiatannya menyusun rencana pembangunan Kabupaten Sijunjung pada lima tahun ke depan, berlangsung Selasa  dan Rabu (28-29/6). Peserta Musrenbang RPJMD, kepala SKPD, camat, akademisi, Lembaga Sosial Masyarakat (LSM), tokoh masyarakat, unsur pengusaha, Bundo Kanduang, PKK dan Dharmawanita.

Nara sumber yang menyajikan materi dalam Musrenbang ini, kepala Bappeda Sumatera Barat,  pakar pendidikan Prof. Azwar Ananda serta ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar M. Sayuti Datuak Rajo Penghulu, kata Kepala Bappeda Kabupaten Sijunjung, Adlis selaku ketua pelaksana Musrenbang.

“Dengan adanya RPJMD, berarti kita sudah punya dokumen yang akan dijabarkan dalam melaksanakan pembangunan Kabupaten Sijunjung lima tahun ke depan. Karena itu, saya berharap penyusunan RPJMD ini harus jelas dan terukur. Jangan merencanakan kegiatan yang tidak mungkin kita laksanakan,” pesan Bupati Yuswir Arifin.

Bupati menambahkan, RPJMD lahir dari visi bupati dan wakil bupati terpilih, yaitu terwujudnya nagari madani yang maju, jaya adil dan sejahtera. Visi ini diterjemahkan  dalam enam misi pembanguan.

Keenam misi itu, mewujudkan perekonomian masyarakat yang kuat dan sejehatera. Mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia. Mewujudkan infrastruktur yang berkualitas dan merata. Mewujudkan pemerintahan yang bekerja dan melayani. Mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan. Melakukan revitalisasi adat dan budaya berlandaskan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.

Agar pembangunan yang direnacanakan lebih efektif dan terpadu, keenam misi tersebut diterjemahkan dalam sembilan prioritas pembangunan. Yaitu ekonomi yang berdaya saing tinggi. Pembangunan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang didukung infrastruktur, transportasi, industri, perdagangan, perhotelan serta informasi komunikasi dan sektor terkait lainnya.

Kemudian membangun kedaulatan pangan. Peningkatan kualitas pendidikan. Peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur dasar. Peningkatan kinerja dan pelayanan daerah. Pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan. Peningkatan kualitas kehidupan beragama, adat istiadat dan sosial budaya, urai Bupati Yuswir Arifin. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.