Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI BUKA MTQ TINGKAT KABUPATEN

0

Ditandai dengan pemukulan beduk, Bupati Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Sijunjung ke-38, di lapangan sepakbola Jambu Lipo, Kecamatan Lubuak Tarok, Senin (25/7).

Disamping pemukulan beduk, pembukaan MTQ juga ditandai penekanan serine dan melepas ratusan balon ke udara, pelantikan dewan juri serta penyerahan piala bergilir bupati kepada Camat Lubuak Tarok; Jasril selaku ketua pelaksana.

Pembukaan yang diawali dengan pawai taaruf kafilah, pelatih dan offisial dari delapan kecamatan serta pembacaan Kalam Illahi oleh qori terbaik pada MTQ tingkat Kabupaten Sijunjung ke-37; Amrizal dan saritilawah; Ulfa Oktafiana, disemarakan dengan tari Tanduk dan tari masal berjudul Garak Salam Lubuak Tarok oleh 130 siswa Pondok Pesantren Darul Falah serta siswa SMPN 12 dan SMAN 12 yang ada  di Kecamatan Lubuak Tarok.

Pembukaan MTQ yang berlangsung meriah dan semarak, dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat; H. Salman, unsur Forkopinda Kabupaten Sijunjung, Sekdakab A.T. Rohendi, kepala SKPD, para camat dan rombongan kafila dari delapan kecamatan serta disaksikan ribuan masyarakat Kecamatan Lubuak Tarok.

Camat Lubuak Tarok; Jasril selaku ketua pelaksana dalam laporannya mengatakan,  MTQ yang berlangsung dari Senin sampai Kamis (25-28/7), sesuai jumlah cabang yang dilombakan, dilaksanakan pada sembilan tempat, dengan peserta lomba lebih kurang 400 orang.

Cabang lomba tilawah remaja dilaksanakan di Masjid Nurul Iman Nagari Lubuak Tarok, cabang lomba tartil di Masjid  Saadah Nagari Lalan, qiraah sabah tilawah dewasa di Masjid Jihad Nagari Lubuak Tarok, MFQ/CC di UDKP Lubuak Tarok, hafiz 1 juz tilawah di Masjid Nurul Huda Lubuak Tarok, tilawah TK dan anak-anak di Mushalla Babusalam Jorong Sungai Jodi, Nagari Lubuak Tarok, bintang qasidah di halaman Kantor Walinagari Lubuak Tarok, MSQ di Masjid Urwatul Wusqa Nagari Kampung Dalam, kitab standar dan khutbah Jumat di Masjid Tauhid Nagari Latang.

Bupati mengatakan, MTQ merupakan sarana untuk menanamkan kemauan dan keinginan yang kuat bagi umat Islam untuk memperdalam, memahami dan menghayati isi kandungan Al Quran, sekaligus mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, pelaksanaan MTQ ke-38 ini, juga merupakan salah satu tahapan dalam menyiapkan kafilah Kabupaten Sijunjung untuk mengikuti MTQ tingkat Sumbar pada tahun mendatang.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2010, dalam mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat, kafilah Kabupaten Sijunjung seluruhnya Putra Asli Daerah (PAD). Tidak ada kafilah rental.

 “Justru itu, saya berharap pelaksanaan MTQ ke-38 ini, jangan hanya sekedar dilaksanakan saja, tapi mampu melahirkan kafilah yang bisa diandalkan untuk mengharumkan nama Kabupaten Sijunjung, pada MTQ tingkat Sumbar di tahun mendatang,” harap Bupati Yuswir Arifin. –nas@sijunjung.go.id

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.