Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI BUKA MTQ TANJUNG GADANG

0

Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Tanjung Gadang di halaman Balai Adat Nagari Timbulun, Senin (23/5).

Pembukaan yang diawali dengan pembacaan Kalam Illahi, dihadiri Asiten II Setdakab Sijunjung, Yusrizal, Kabag Humas dan Protokoler, Ruswan, Muspika dan walinagari se-Kecamatan Tanjung Gadang serta tokoh dan pemuka masyarakat Nagari Timbulun.

Camat Tanjung Gadang, Riky Mainaldi Neri mengatakan, MTQ yang berlangsung Senin dan Selasa (23-24/5), dilaksanakan di masjid dan surau serta di gedung PAUD dan SD yang ada dalam Nagari Timbulun.

Jenis lomba yang dilaksanakan, Tilawah tingkat TK, anak-anak, remaja dan dewasa, Tartil tingkat remaja, menengah dan tingkat umum, MSQ, fahmil Quran dan khutbah Jumat.

Sesuai tujuan pelaksanaan, kepada qori dan qoriah yang mengikuti MTQ Bupati Yuswir Arifin berharap dan berpesan supaya tidak hanya berusaha menjadi yang terbaik, tapi juga berupaya meningkatkan ukuwah Islamiyah, mensyiarkan Islam serta mengamalkan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati mengatakan, MTQ merupakan sarana untuk menanamkan kemauan dan keinginan yang kuat bagi umat Islam untuk memperdalam, memahami dan menghayati isi kandungan Al Quran, sekaligus mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan, juga merupakan salah satu tahapan dalam menyiapkan kafilah Kabupaten Sijunjung untuk mengikuti MTQ tingkat Sumbar pada tahun mendatang.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2011, dalam mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat, kafilah Kabupaten Sijunjung seluruhnya Putra Asli Daerah (PAD). Tidak ada kafilah rental.

 “Justru itu, saya berharap pelaksanaan MTQ tingkat nagari dan kecamatan, jangan hanya sekedar dilaksanakan saja, tapi mampu melahirkan kafilah yang bisa diandalkan untuk mengharumkan nama Kabupaten Sijunjung, pada MTQ tingkat Sumbar di tahun mendatang,” harap Bupati Yuswir Arifin. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.