Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI BUKA DIKLAT PIM

0

Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo membuka pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklat Pim), tingkat IV, di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Pembukaan Diklat yang ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan, dihadiri Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Provinsi Sumatera Barat,  kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) camat dan  nara sumber.

Diklat yang diselenggarakan aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Kabupaten Sijunjung, berlangsung selama 97 hari kelender (5/3-7/7) dan diikuti 30 peserta yang merupakan pejabat eselon IV pada berbagai kantor, dinas dan badan.

Supaya tujuan Diklat tercapai sesuai sasaran dan harapan, kepada seluruh peserta bupati mengimbau dan berharap mengikuti dengan serius dan sungguh-sungguh setiap materi yang disajikan nara sumber.

 Sebagaimana dilaporkan ketua pelaksana, tujuan penyelenggaraan Diklat ini adalah untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional bagi pejabat struktural eselon IV yang akan berperan serta melaksanakan tugas dan fungsi keperintahan di instansi masing-masing.

Kompetensi yang dibentuk pada Diklat Pim IV ini, adalah kompetensi kepemimpinan operasional, yaitu kemampuan membuat perencanaan kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan.

 “Supaya tujuan Diklat tercapai sebagaimana mestinya, kepada seluruh peserta saya mengimbau dan berharap mengikuti dengan serius dan sungguh-sungguh setiap materi yang disajikan nara sumber,” harap bupati.

 Dalam kesempatan itu, seluruh peserta Diklat diingatkan oleh bupati supaya segera membuat Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) serta menandatangani fakta integritas.

Disamping mengikuti Diklat Pim dengan serius dan sungguh-sungguh, dalam kesempatan ini seluruh peserta Diklat saya ingatkan supaya segera membuat SKP serta menandatangani fakta integritas,” kata bupati.

 Pegawai dan pejabat harus mebuat SKP serta menandatangani fakta integritas, supaya mengerti dan  menguasai tugasnya apa dan mengapa serta bertanggungjawab kepada siapa. Penguasaan tugas sangat diperlukan agar hasil kinerja baik dan mencapai sasaran.

 “Sekarang tidak masanya lagi pegawai dan pejabat datang ke kantor hanya untuk sekedar membaca koran atau sekedar absen pagi dan soreh. Sekarang pegawai dan pejabat harus berkerja sebagaimana mestinya sesuai tugas dan tanggungjawab yang diemban. Karena itu, seluruh pegawai dan pejabat harus membuat SKP serta menandatangani fakta integritas,” tegas Bupati Yuswir Arifin.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Kabupaten Sijunjung,, Yuanto Masri selaku ketua pelaksana mengatakan, materi yang disajikan dalam Diklat, adalah tahap diagnosa kebutuhan perubahan, tahap taking owner ship  serta tahap merancang perubahan dan membangun tim.

Materi itu disajikan oleh pengajar (widyaiswara) dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Provinsi Sumatera Barat dan pejabat di lingkungan Pemkab Sijunjung. -nas@sijunjung.go.id

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.