Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI BERMAAFAN DENGAN PEGAWAI

0

Memasuki bulan suci Ramadhan 1437 H, Bupati Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo saling bermaafan dan berjabat tangan dengan pejabat dan pegawai Pemkab Sijunjung, seusai apel organik, di halaman Kantor Bupati, Senin (6/6).

Bersalaman yang tujuannya membersihkan hati, jiwa dan pikiran dari noda dosa dan kesalahan yang terperbuat, baik disengaja mau pun tidak, diawali oleh Sekdakab A.T. Rohendi, staf ahli dan asisten serta berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan.

Ramadhan adalah bulan yang suci dan mulia, makanya kaum muslimin dan muslimat disuruh dan dianjurkan, bahkan diperintahkan memasukinya dengan kebersihan hati, jiwa, raga  dan pikiran. “Berkaitan dengan itulah kita perlu saling bermaafan dan bersalaman, dengan harapan kita bisa menunaikan ibadah Bulan Suci Ramadhan dengan bersih sebenar-benar bersih lahir dan batin,” kata bupati.

 “Disamping suci dan mulia, Ramadhan juga sarat dengan kebaikan. Untuk itu mari kita isi dengan menunaikan ibadah puasa sebaik mungkin serta perbuatan lain yang bernilai ibadah. Jangan kesempatan ini disia-siakan, karena tahun depan belum tentu kita bisa bertemu dengan bulan pengampunan ini,” imbau bupati.

Selain menunaikan ibadah puasa di siang hari, pejabat, pegawai dan masyarakat juga diimbau untuk menyemarakan malam Ramadhan dengan cara mendirikan Shalat Tarweh dan Witir berjemaah serta bersitadarus mengumandangkan ayat suci Al Quran.

Sebagaimana diketahui, selain penuh rahmad dan berkah, Ramadhan juga bulan pengampunan dan pembakar dosa. Kesempatan bagi kaum muslimin dan muslimat untuk tafakur  menginsafi kelalaian, kekilafan, kekeliruan dan kesalahan.

Karena  itu, selagi Allah SWT memberi kesempatan, pergunakalah dengan sebaik-baiknya, supaya ke depan tugas dan tanggungjawab yang diemban bisa dilaksanakan dengan kebersihan hati, jiwa dan pikiran.

Mulailah hidup baru setelah Ramadhan, petik hikmah yang terkandung dalam bulan yang agung dan mulia ini  untuk mengintrofeksi diri, lakukan perubahan ke arah yang lebih baik, karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Disamping memanfaatkan untuk membersihkan hati, jiwa dan pikiran, kepada seluruh pegawai  dan masyarakat Kabupaten Sijunjung bupati juga berharap menjadikan momentum Ramadhan untuk menghadapi hidup dan kehidupan.

Puasa adalah melatih diri untuk lebih sabar, tawaqal dan kanaa dalam hidup.  Makanya laksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh perhitungan. Ambil hikmahnya, jadikan modal untuk menghadapi tantangan yang semakin hari semakin berat dan kompleks, pesan Bupati Yuswir Arifin. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.