Portal Kabupaten Sijunjung

BUMNAG SUMPUR KUDUS DARI KITA UNTUK KITA

0

Bumnag (Badan Usaha Milik Nagari) Sumpur Kudus berdiri di Nagari Sumpur Kudus Kecamatan Sumpur Kudus  Kabupaten Sijunjung.

Badan Usaha Milik Nagari / Bumnag didirikan berdasarkan : peraturan Nagari Sumpur Kudus No.3 Tahun  2014. Upaya pendirian Bumnag  di Nagari Sumpur Kudus dilakukan sebagai upaya  tindak lanjut dari adanya Undang- Undang No.6 Tahun 2014 dan Permendesa  No.4 Tahun 2015 tentang Desa dan Pendirian Badan Usaha Milik Desa.

Bumnag ini telah berdiri sejak 26 Maret 2016, dan sejak awal pendiriannya turut dibina oleh Rizal Efendi, SE yang sekarang menjabat sebagai Kadis Kominfo .

Pendirian Bumnag di Nagari Sumpur Kudus didasarkan atas kebutuhan Nagari sendiri guna menjawab tantangan, persoalan dan pemanfaatan potensi yang ada.

Hal inilah yang menjadi landasan pemikiran utama pendirian Bumnag di Nagari sumpur kudus .

Menurut Herni, MS Kepala Unit Simpan Pinjam Bumnag Sumpur Kudus mengatakan tujuan pendirian Bumnag Sumpur Kudus adalah sebagai sarana pengembangan perekonomian warga Sumpur Kudus dalam kerangka menuju Nagari Mandiri. Karena dengan adanya Bumnag Sumpur Kudus diharapkan Perekonomian warga akan terangkat ke level yang lebih tinggi. Persoalan sulitnya perkembangan UMKM di Nagari akan coba  terselesaikan melalui Bumnag Sumpur Kudus.

Salah satu unit usaha Bumnag Sumpur Kudus dalam menjalankan usahanya melalui Musyawarah di tingkat Nagari yaitu Simpan Pinjam, Penyewaan, Jasa Transfer/Perbankan /Pembayaran dan Perdagangan, melalui 4 unit usaha yang dibidani telah bekerja sama dengan BNI 46.

Saat ini capaian pendapatan bumnag sumpur kudus dapat di gambarkan unit simpan pinjam Rp.140.530.000.- (Jasa bunga).Unit Penyewaan Rp.2.640.000, (Molen). Jasa transfer Rekening Rp.1.91.500,- dan jasa perdagangan puksa dan benda pos Rp.159.500,- jika di totalkan sebesar Rp.144.521.000,- untuk tahun 2017 ini.(Dwita\kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.