Portal Kabupaten Sijunjung

BUKIT BUAL POTENSIAL UNTUK PARALAYANG

0

Sebagai nagari yang kaya sumber daya alam, Nagari Bukit Bual Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung, memiliki banyak potensi wisata.

Tidak hanya, keindahan panorama sawah dan perbukitan serta Wisata Danau Hijau, nagari yang berbatasan dengan Kota Sawahlunto ini sangat cocok untuk pengembangan olahraga paralayang dan gontole.

 Wali Nagari Bukit Bual, Otriwandi S.Pd,  mengungkapkan, beberapa lokasi di Nagari Bukit Bual cocok dijadikan sebagai tempat olaharaga paralayang atau gontole

“Nagari Bukit Bual yang dikelilingi perbukitan sangat cocok untuk pengembangan oleharaga paralayang atau gontole,” kata Otriwand

Ia mengaku telah mendiskusikan dan melakukan survei dengn berbagai pihak, baik dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Sijunjung, DPRD, KONI dan pemuda pencita alam serta masyarakat setempat untuk pengembangan olahargmemngadakan peninjauan tentang pengembangan olahraga paralayang.

“Alhamdulillah, kita mendapat dukungan dari semua unsur baik DPRD, Pemerintah Daerah, dan KONI, serta Pemuda pecinta alam, terutama masyarakat untuk mengembangkan objek wisata paralayang dan gontole,” ucap Otriwandi.

Menurut Otriwandi, pemberdayaan wisata dan pengembangan olahraga sangatlah tepat dalam membantu pembangunan sebuah nagari. Hadirnya Paralayang dan Gantole di Nagari Bukit Bual membuat para wisatawan akan tertantang melihat panorama alam Nagari Bukit Bual.

“Hadirnya cabang olah raga ini, tentu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan juga telah memperkenalkan sebuah cabang olahraga yang sangat awam oleh masyarakat kami. Akses jalan akan kami sempurnakan, dan itu bisa membuat para pengujung lebih cepat melakukan aktifitas di sekitar obyek wisata paralayang. Di sana juga akan dibangun sebuah spot berfoto yang bisa dinikmati oleh para pengujung,” sebutnya.

Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Muslim, menyatakan, siap menjadi tokoh utama dalam pembentukan cabang olah raga para layang.Ia telah mengundang tim paralayang,  dan sekaligus menguji kelayakan lokasi dengan melakukan uji terbang.

” Sudah kita lakukan survei dengan tim paralayang dan sekaligus  menguji kelayakan lokasi.Dari tiga tempat, hanya satu tempat yang menjadi the best zona, yaitu tepatnya di atas perbukitan wisata danau hijau, ” katanya.

Kepala Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung, Yofritas menyambut Nagari Bukit Bual sangat cocok dijadikan lokasi cabang olahraga Paralayang dan Gantole.Apalagi, di Kabupaten Sijunjung belum mempunyai lokasi cabor Paralayang dan Gontole.

“ Sangat cocok sekali, apalagi dipadukan dengan distenasi wisata danau hijau dan panorama alamnya juga sangat mendukung,” ujar Yofritas.

Ia mengapresiasi masyarakat Bukit Bual yang begitu inovatif mengembangkan wisata sendiri.Mantan asisten III Setdakab Sijunjung ini juga memuji langkah warga setempat yang sudah membuka jalan masuk ke lokasi Paralayang dan Gontole.

Pria yang akrab disapa Yon menuturkan akan melakukan promosi pariwisata, termasuk mengadakan event tingkat nasional,” tuturnya.zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.