Portal Kabupaten Sijunjung

BNPB KUNJUNGI LOKASI BANJIR LUBUK TAROK

0

Bencana banjir yang melanda Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung mendapat perhatian serius dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kamis kemarin, (30/3) BNPB menurunkan Direktur Bantuan Darurat, Eko Budiman untuk meninjau lokasi banjir di Kecamatan Lubuk Tarok yang merusak tiga infrastrukur dan satu rumah serta merendam 48 rumah warga di kecamatan tersebut.

Kedatangan Eko Budiman didampingi Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Provinsi Sumatera Barat, Harmis, disambut staf ahli Bupati Sijunjung, Syahrial dan beberapa pejabat OPD, camat dan forkopimca Lubuk Tarok serta Wali Nagari Lubuk Tarok.

“Kedatangan kami untuk melihat penangganan pasca banjir, dan kami siap memberikan pendampingan penangganan darurat BPBD Kabupaten Sijunjung, baik secara administrasi maupun fisik,” kata Eko Budiman di Posko Banjir Kecamatan Lubuk Tarok.

Meski siap memberikan pendampingan dalam penangganan darurat BPBD Kabupaten Sijunjung, namun Eko Budiman meminta Pemerintah Kabupaten Sijunjung untuk segera menentukan status tanggap darurat untuk mempercepat proses  tanggap darurat bencana.

Menurut Direktur Bantuan Darurat, penetapan tanggap darurat diperlukan  untuk memudahkan penangganan darurat dan kemudahan akses mengunakan potensi sumber daya.

Dengan menetapkan masa tanggap darurat, sebut dia, pemerintah bisa mengetahui apa saja kebutuhan bagi korban banjir.”Penetapan status tanggap darurat ini diperlukan karena  masih ada penangganan pasca banjir yang harus dilakukan.Diantaranya, pembangunan jembatan darurat dan jaringan irigasi serta dan saluran pipa PDAM yang rusak,” ucapnya.

Bupati Sijunjung, diwakili staf ahli bupati, Syahrial menyebutkan, Pemkab Sijunjung melalui OPD terkait telah melakukan pendataan terhadap sejumlah fasilitas umum dan rumah yang rusak karena terendam banjir.

“ OPD terkait telah melakukan pendataan sesuai bidang tuganya, termasuk bantuan bagi korban banjir,” katanya.zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.