Portal Kabupaten Sijunjung

Bentuk Kepeduliannya, Setiap Senin Wali Nagari Sibakur Bagikan Voucher Gratis Kepada Pelajar Sebanyak 20 Orang

0

MC Sijunjung – Patut diacungkan jempol kepada Wali Nagari Sibakur Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung dimasa pandemi covid-19, Ia membagikan voucher internet gratis kepada pelajar di Nagari setempat.

Pemberian voucher tersebut merupakan bentuk kedulian orang nomor satu di Nagari Sibakur itu terhadap para pelajar yang betul-betul serius mengikuti belajar secara dalam jaringan (daring).

“Insyallah, pembagian voucher internet gratis ini akan diadakan setiap hari senin kepada 20 orang pelajar secara bergantian,” ungkap Wali Nagari Sibakur, Syafris Dubalang Arab kepada MC Sijunjung melalui via WhatsAppnya, Senin (26/10) malam.

Ia mengakui, Nagari Sibakur adalah salah satu Nagari yang termasuk blankspot, tapi semenjak adanya solusi oleh Pemerintah Daerah sekarang sudah bisa jaringan internet.

“Dulu jangankan internet, menelponpun susah. Sekarang, alhamdulillah kita sudah bisa juga menikmati jaringan internet di nagari ini,” ujar Syafris.

Seperti yang diberitakan MC Sijunjung sebelumnya, proses belajar mengajar secara online sebagai dampak pandemi Covid -19 tentu tidak segampang yang dibayangkan. Bagi wilayah yang sudah maju, akses internet bukanlah suatu masalah. Tetapi, bagi masyarakat di daerah terpencil hal ini merupakan suatu tantangan.

Jika tidak ada sinyal, terpaksa harus berjalan kaki hingga beberapa kilo meter untuk mendapatkan sinyal. Jika sinyal selulernya ada, belum tentu jaringan internetnya tersedia. Tentu harus berupaya keras untuk mendapatkan jaringan internet sehingga bisa mengerjakan tugas atau mengirimkan tugas secara daring.

Hal itulah yang dialami oleh sejumlah siswa di Nagari Sibakur, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Namun demikian, para pelajar tersebut tetap semangat untuk mencari sinyal internet demi mencapai cita-citanya.

Wali Nagari Sibakur, Syafris menyebutkan, para siswa tersebut tidak pernah berhenti untuk berjuang mencari sinyal. “Selama pandemi covid-19, mereka belajar daring selalu mencari sinyal internet ke perbukitan, kadang ketika hari hujan terpaksa tidak ikut daring karena jarak rumah ke tempat bersinyal itu lumayan jauh,” ujarnya kepada MC Sijunjung, Senin (14/9/20) lalu.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung, Rizal Efendi, SE kepada MC Sijunjung, Selasa (15/9/20) mengapresiasi atas semangat yang dilakukan para pelajar tersebut. Pihaknya terus berupaya untuk mengusulkan pembangunan tower tambahan ke pihak perusahaan penyedia jasa jaringan seluler.

“ Memang masih ada 54 titik lokasi Blank Spot sinyal yang tersebar di 8 Kecamatan di Kabupaten Sijunjung, salah satunya Nagari Sibakur,” terang Rizal.

“ Selain kita telah bekerjasama dengan PT. Telkom, kita juga bekerjasama dengan PT Intech Esa Mandiri (“INTECH”) dalam menyediakan layanan internet sejak pertengahan bulan Februari tahun ini,” lanjutnya.

“ Jasa layanan ini menggunakan Teknologi VSAT, saat ini mereka sedang melakukan perbaikan teknologi jaringan internet dan segera dalam bulan ini akan ke beberapa daerah di Sijunjung salah satunya Nagari Sibakur,” pungkas Rizal. (Dicko)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.