Portal Kabupaten Sijunjung

BBPOM Padang Gelar Kegiatan Tingkatkan Pengetahuan Obat dan Makanan di Sijunjung

0

Muaro, MC Sijunjung – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang Sumatera Barat (Sumbar)melaksanakan peningkatkan pengetahuan obat dan makanan melalui kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) bersama anggota Komisi IX DPR RI, Darul Siska dan tokoh masyarakat.

Kegitan yang diselenggarakan di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung, Kamis (12/11/20) dibuka Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin.

Dalam sambutannya ia mengatakan persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh suatu produk adalah dari segi keamanan, mutu dan kemanfaatan. Pengawasan yang dilakukan oleh Badan POM bertujuan untuk melindungi masyarakat dari penggunaan obat, obat tradisional (OT), kosmetik dan pangan yang beresiko terhadap kesehatan.

“ Selain BBPOM sebagai salah satu instansi pemerintah yang bertugas dalam melakukan pengawasan, diharapkan pengawasan juga dilakukan dari pihak produsen dan konsumen,” ungkapnya.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Sijunjung untuk menjadi cerdas dalam memilih serta mengkonsumsi obat serta makanan yang beredar di masyarakat agar terhindar dari produk yang mengandung bahan berbahaya dan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Ia berharap kepada BBPOM Sumbar untuk bisa secara bersama-sama baik dengan pemerintah provinsi maupun daerah untuk dapat mengantisipasi produk-produk yang beredar di pasar yang tidak memiliki legalitas baik dari MUI maupun dari BBPOM. “ Sehingga masyarakar kita terlindungi dari hal-hal yang berbahaya,” tutupnya.

Kepala BPOM Sumbar, Firdaus Umar dalam laporannya mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, pemberdayaan dan kemandirian masyarakat dalam mengawasi produk obat dan makanan.

Selain itu untuk memperluas cakupan KIE tentang bahan berbahaya yang terkandung dalam produk obat dan makanan kepada masyarakat.

Peserta peserta dari kegiatan ini sebanyak 250 orang, terdiri dari 20 orang dari SKPD terkait dan 230 orang dari masyarakat di daerah Kabupaten Sijunjun. Kegiatan dibagi menjadi dua sesi dengan medote kuliah atau ceramah dan tanya jawab dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.(noven)/infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.