Portal Kabupaten Sijunjung

BAZNas Sijunjung Khitan 145 Anak  

0

Muaro, MC Sijunjung – Sesuai rencana, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Sijunjung  akan mengkhitan 145 anak dari keluarga berkemampuan terbatas secara gratis.

Khitan gratis yang diselenggara BAZNas bersama aparatur Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, akan dilaksanakan dalam libur semester ganjil Sekolah Dasar (SD) dari 23 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020  pada 13 puskesmas dalam delapan kecamatan.

“Selain gratis, sebanyak 145 anak dari keluarga berkemampuan terbatas yang dikhitan melalui program Sijunjung Sehat, juga dibekali dengan selembar sarung dan uang transportasi Rp50 ribu. Sedangkan khitan dilakukan oleh tenaga medis puskesmas,” kata ketua BAZNas Kabupaten Sijunjung H. Yusri didampingi wakil ketua I, Syarmatizen Dt. Intan Batuah,  Senin (16/12), di ruang kerjanya.

Menurut Yusri dan Syarmatizen Dt. Intan Batuah,  sesuai rencana, dari 145 anak yang akan dikhitan, 10 orang dikhitan di Puskesmas Sijunjung, 10 Puskesmas Gambok (Kecamatan Sijunjung), 12 di Puskesmas Padang Laweh dan 15 di Puskesmas Tanjung Ampalu (Kacamatan Koto VII).

Kemudian enam di Puskesmas Lubuk Tarok (Kecamatan Lubuk Tarok), lima di Puskesmas Tanjung Gadang (Kacamatan Tanjung Gadang), 10 di Puskesmas Sungai Lansek, 10 di Puskesmas Kamang, 10 di Puskesmas Aie Amo (Kacamatan Kamang Baru), 15 di Puskesmas Muaro Bodi (Kecamatan IV Nagari), 15 di Puskesmas Padang Sibusuk (Kecamatan Kupitan) serta 17 di Puskesmas Sumpur Kudus dan 10 di Puskesmas Kumanis (Kecamatan Sumpur Kudus).

Untuk sukses dan lancarnya khitan yang diadakan, BAZNas alokasikan dana Rp43,5 juta, dengan anggaran Rp300 ribu peranak. Sedangkan anak yang dikhitan, berasal dari berbagai nagari dalam Kabupaten Sijunjung, jelas Yusri.

Menurut sejumlah orangtua dari anak yang akan dikhitan, bila anak dikhitan oleh seorang dokter atas kehendak pihak keluarga, biayanya sekitar Rp350 ribu. Tapi kalau dokter yang mendatangi rumah orangtua anak, dengan kata lain dikhitan di rumah orangtuanya, biaya ditentukan sendiri oleh dokter tersebut. Jumlahnya bisa Rp350 ribu atau lebih.

Karena biayanya cukup besar, para orangtua dari anak yang akan dikhitan secara gratis, selain mengucapkan terima kasih kepada pengurus BAZNas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, juga bersyukur terhadap Allah SWT atas bantuan yang mereka terima.  –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.