Portal Kabupaten Sijunjung

BAZNAS BANTU KORBAN KEBAKARAN

0

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sijunjung melakukan aksi cepat tanggap terhadap musibah kebakaran yang terjadi, Senin (24/10) kemarin.

Lembaga yang dipimpin, H.Yusri berserta Sy Dt Intan Batuah dan Gusman langsung menyalurkan bantuan begitu mendapat kabar adanya musibah kebakaran menimba warga yang berada diwilayah kerja.

“Kami kemarin menyerahkan bantuan kepada tiga korban kebakaran,” kata Wakil Ketua Baznas Sijunjung, Sy Dt Intan Batuah dan Gusman di Sekretariat Baznas jalan Prof.M.Yamin Muaro Sijunjung, kemarin.

Bantuan yang diberikan berupa uang sebesar Rp250 ribu.masing-masing diserahkan kepada, Rina warga Jorong Taratak Baru Nagari Padang Laweh Selatan.Kemudian kepada, Novia Andriani dan Maraiani.

Bantuan ini, sambung dia, merupakan program Baznas Sijunjung pada warga yang mengalami musibah.”Ini  merupakan bentuk kepedulian Baznas terhadap korban yang terkena musibah,” ucapnya.

Selain memberikan bantuan langsung, lanjut Sy Dt Intan Batuah, Baznas Kabupaten Sijunjung berencana akan memberikan bantuan pembangunan rumah sederhana (PRS) dan perbaikan rumah kepada dua korban kebakaran di Jorong Tanjung Udana Nagari Palangki.

Bantuan PRS dan perbaikan  rumah itu diberikan karena dua korban musibah kebakaran, yakni Novia Andriani dan Maraiani merupakan warga miskin (mustahik).Makanya setelah mendapat masukan dari Wali Nagari Palangki, pihaknya akan memprioritaskan bantuan PRS dan rehab rumah bagi kedua korban kebakaran.

Meski bersedia memberikan bantuan PRS dan perbaikan rumah, Baznas Sijunjung meminta Pemerintah Nagari Palangki melengkapi administrasi.”Kita berharap Wali Nagari Palangki melengkapi admistrasi,” tuturnya.

Dijelaskan, bantuan PRS diberikan uang sebesar Rp15 juta.Bantuan tersebut akan diberikan dalam dua tahap.Rencananya, bantuan PRS dicadangkan untuk tahun 2017 mendatang.

Sementara bantuan untuk perbaikan rumah sebesar Rp5 juta.Menurut Sy Dt Intan Batuah, bantuan perbaikan rumah diusulkan oleh UPZ  Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sijunjung.”Kalau adminsitrasi lengkap, bantuan perbaikan rumah ini bisa dicairkan dalam tahun 2016 ini,” katanya.

Musibah kebakaran yang menimpa, Novia Andriani dan Maraiani terjadi, Senin (24/10) sekitar pukul 03.00 WIB.Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, karena menghanguskan satu unit rumah semi permanen dan merusak dua unit rumah disekitarnya. Sementara rumah semi permanen milik Maraiani mengalami kerusakan.zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.