Portal Kabupaten Sijunjung

Batu Manjulur Dilanda Banjir, Kerugian Rp3 Miliar Lebih

0

Bt. Manjulur, MC Sijunjung – Nagari Batu Manjulur, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung dilanda bencana alam banjir. Berbagai sarana dan prasarana rusak dan hancur. Sejumlah ternak hanyut dan hilang. Kerugian diperkirakan Rp3 miliar lebih.

Bencana alam banjir terjadi disebabkan hujan yang turun dari Jumat (7/2) sore sampai Sabtu (8/2) siang. Sungai Batang Laweh yang melintas di Nagari Batu Manjulur, airnya meluap dan memporakporandakan setiap yang dilewatinya.

Walinagari Batu Manjulur, Sutrisno didampingi Camat Kupitan, Adri,  S. Pt, di lokasi bencana alam, Sabtu (8/2) menjawab infopublik mengatakan, berbagai sarana dan prasaran yang rusak dan hancur, jembatan, irigasi, pipa saluran air untuk pertanian, rumah penduduk, sawah dan kebun karet. Sedangkan ternak yang hanyut dan hilang, sapi, kambing dan ayam.

Lebih rinci walinagari menjelaskan, sarana dan prasarana yang rusak dan hancur, diantaranya jembatan permanen yang menghubungkan Nagari Batu Manjulur dengan Nagari Koto Baru, Kecamatan IV Nagari.

Jembatan yang panjangnya 30 meter lebar 6 meter itu, baru direhap Desember 2018 dengan Dana Alokasi Kusus (DAK) Rp1 miliar. Akibat ambruknya jembatan ini, kerugian diperkirakan Rp1,5 miliar.

Sarana dan prasarana lain yang juga  rusak dan hancur, irigasi bangunan utama sepanjang 20 meter, kerugian Rp1 miliar, pipa saluran air untuk pertanian dua unit, kerugian Rp10 juta, satu unit rumah penduduk, kerugian Rp10 juta,  sawah yang padinya hampir terbit seluas 65 hektar, kerugian Rp390 juta dan kebun karet dua hektar, kerugian Rp13 juta.

Sedangkan ternak  yang hanyut dan hilang, sapi delapan ekor. Perkiraan kerugian Rp72 juta, kambing 23 ekor, kerugian Rp11,5 juta dan ayam 50 ekor dengan perkiraan kerugian Rp5,6 juta.

“Jadi, bedasarkan peritungan kami sementara, akibat terjadinya bencana alam banjir yang disebabkan hujan yang turun dari Jumat (7/2) sore sampai Sabtu (8/2) siang, kerugian yang diderita, Rp3 miliar lebih,” jelas Walinagari  Sutrisno dan Camat, Adri.

Berbagai sarana dan prasarana yang rusak dan hancur akibat bencana alam banjir itu, ditinjau oleh Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy, Sabtu (8/2) bersama kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Selain wakil bupati, juga ikut meninjau Dandim 0310/SS Letkol Inf. Dwi Putranto, wakil ketua dan anggota DPRD; Syofian Hendri, Delfiman dan Yusnidarti, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia; Mashariyanto, Kasi Humas Dinas Komunikasi dan Informatika; D J. Deyusa,  sejumlah pewira dan anggota Polres, Kapolsek IV Nagari dan anggota serta pejabat lainnya.  –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.