Portal Kabupaten Sijunjung

Bapppeda Sijunjung Terus Mendorong Musrembang Tingkat Kecamatan

0

Sumpur Kudus, MC Sijunjung-Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) Sijunjung terus mendorong pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan guna mempertajam usulan program dari tingkat nagari menjelang pembahasan rencana kerja pemerintah daerah.

Setelah sebelumnya di tingkat Kecamatan Koto VII dan pada hari ini 25 Februari 2020 Musrenbang di Kecamatan Sumpur Kudus.

Kegiatan ini dibuka Staf Ahli Bupati, Masharianto di UDKP kantor camat setempat, Selasa (25/2).

Ikut hadir Kepala Bapppeda Benni Dwipa Yuswir, Camat Sumpur Kudus, Forkopimcam, Kepala OPD, Wali Nagari, Kepala Jorong, Kepala Sekolah, tokoh adat dan elemen masyarakat setempat.

Musrenbang RKPD Kecamatan merupakan wadah bagi seluruh pemangku kepentingan untuk duduk bersama, berdiskusi, merumuskan, membahas kegiatan prioritas yang di usulkan nagari/desa Tahun 2021.

Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung, Benni Dwipa Yuswir menyampaikan, kunci dari Musrenbang adalah kebersamaan antar pemangku kepentingan nagari/desa.

“Tujuannya Musrenbang kecamatan yaitu membahas daftar usulan RKP hasil Musrembang masing masing nagari untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan nagarai/desa,” ujarnya.

Kemudian kegiatan prioritas yang telah dihasilkan pada Musrenbang RKPD tingkat kecamatan ini, akan menjadi rencana kerja pemerintah daerah untuk 2021 melalui tahapan forum OPD yang akan di laksanakan di tingkat Kabupaten nantinya, tambah Benni.

Sementara itu, Staf Ahli Masharianto menyebutkan bahwa Musrembang yang dilaksanakan ini merupakan tahapan kedua dari siatem perencanaan pembangunan setelah pelaksanaan musrembang nagari. dimana dalam forum ini akan dibahas usulan program dan kegiatan yang akan dibawa ke forum perangkat daerah dan Musrembang RKPD Kabupaten dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021.

“Untuk itu diminta kepada kita semua untuk berperan aktif dalam memberikan masukan dan memilih kegiatan yang benar benar dibutuhkan daerah. Dalam penentuan usulan kegiatan skala prioritas tersebut, agar lebih mengedepankan kepentingan bersama untuk kesejahteraan, kemakmuran, dan kebahagiaan masyarakat,” pungkasnya.(Dicko)@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.