Portal Kabupaten Sijunjung

BANYAK KEMAJUAN DICAPAI SIJUNJUNG

0

Kabupaten Sijunjung genap berusia 68 tahun. Usia daerah yang sudah sangat matang tentunya.

“Untuk itu, perlu diingat dan dihayati, dengan bertambahnya usia Kabupaten Sijunjung, tentunya semakin dituntut peran dan tanggungjawab kita semua untuk memajukan daerah, supaya sejajar dengan kabupaten/kota lain di Sumbar,” kata anggota DPRD H. Daswanto, SE, Jumat  (3/2), di Muaro Sijunjung ketika diminta komentarnya tentang Kabupaten Sijunjung yang 18 Februari mendatang sudah berusia 68 tahun.

Disadari sepenuhnya, di usia Kabupaten Sijunjung yang sudah 68 tahun, tantangan yang bakal dihadapi akan semakin berat dan kompleks. Justru itu diperlukan kerja keras, kerja cerdas dan kebersamaan, karena dengan persatuan, kebersamaan dan gotong royong, tidak ada yang tidak bisa dilakukan.

Prinsipnya, seluruh masyarakat harus sadar dan memahami serta dapat memberikan sumbangsih, bahwa membangun Kabupaten Sijunjung bukan hanya tanggungjawab pemerintah daerah saja, tapi dituntut peran aktif dan keikutsertaan seluruh komponen.

Karena itu, kepada seluruh lapisan masyarakat diharapkan meningkatkan partisipasi dalam pembangunan serta senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban  wilayah Kabupaten Sijunjung, supaya tercipta iklim yang kondusif dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, harap Daswanto.

Perlu disadari, bahwa peringatan hari jadi tidak akan bermakna apabila tidak memberi manfaat terhadap perbaikan di masa mendatang. Pada dasarnya memperingati hari jadi merupakan momentum intropeksi atau evaluasi atas segala yang telah dilaksanakan, khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik yang pasti ada keberhasilan dan kegagalannya.

“Untuk itu, mari kita kaji kegagalan yang terjadi dan keberhasilan yang dicapai, supaya bisa dijadikan cambuk dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab di masa yang akan datang. Memang masih banyak tantangan dan pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan. Namun sesungguhnya telah banyak prestasi yang diraih dan pembangunan yang dituntaskan.

Prestasi yang diraih memang bukan tujuan akhir, namun setidaknya dapat dijadikan indikator penilaian keberhasilan pembangunan yang dilakukan secara bersama. Keberhasilan yang dicapai, adalah keberhasilan kita bersama. Kekurangan yang masih ada, juga tanggungjawab kita bersama untuk membenahinya,” kata dewan terhormat ini.

Terkait dengan tokoh masyarakat yang akan memberi sambutan pada puncak peringatan hari jadi Kabupaten Sijunjung ke-68, 18 Februari mendatang, Daswanto berharap dan bepesan kepada Pemda supaya mengundang dan meminta tokoh masyarakat yang mempunyai waktu dan kesempatan untuk menyampaikan sambutan tersebut. Jangan tokoh masyarakat yang diwakili seperti yang terjadi pada puncak peringatan hari jadi Kabupaten Sijunjung tahun lalu. –nas “sijunjung.go.id”

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.