Portal Kabupaten Sijunjung

ASISTEN II BUKA MUSRENBANG KECAMATAN IV NAGARI

0

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Setdakab Sijunjung dr. H. Edwin Suprayogi, M. Kes membuka musyawarah pembangunan (Musrenbang)  Kecamatan IV Nagari, di UDKP setempat, Rabu (22/2).

Pembukaan yang berlangsung sederhana, dihadiri sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Muspika, kepala dinas instansi, kepala UPTD dan UPTB, kepala berbagai sekolah serta delegasi nagari, ketua  KAN,  BPN, LPM dan walinagari se-Kecamatan IV Nagari.

Dalam kesempatan itu asisten mengucapkan terima kasih dan menyatakan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak atas terlaksananya berbagai pembangunan di Kabupaten Sijunjung pada tahun 2016 yang hasilnya telah dirasa dan dinikmati masyarakat, baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur dan bidang lainnya.

Berdasarkan data dari BPS, indikator makro daerah menunjukan kemajuan yang terlihat di berbagai bidang. Antara lain pertumbuhan ekonomi naik dari 5,63 persen pada tahun 2010 menjadi 5,66 persen di tahun 2015.

Begitu pula Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sijunjung, juga meningkat dari 62,51 persen pada tahun 2010 menjadi 65,45 persen di tahun 2015.  Sementara angka usia harapan hidup, meningkat dari 64,68 persen tahun 2010 menjadi 64,73 persen di tahun 2015. Sedangkan persentase penduduk berkemampuan terbatas menurun dari 10,45 persen pada tahun 2010 menjadi 6,90 persen di tahun 2015.

Di sisi lain asisten mengatakan, berdasarkan Perda nomor 13 tahun 2016 tentang APBD tahun anggaran 2017, telah ditetapkan total belanja daerah tahun ini Rp982,4 miliar dan belanja langsung Rp462,7 miliar.

Dari total APBD itu, dialokasikan dana nagari sesuai ketentuan undang-undang, sehingga total alokasi dana nagari mencapai Rp98,2 miliar (10 persen dari total APBD.

“Karena itu, kami berharap kepada pemerintah nagari mampu mengelola dana yang dialokasikan itu secara maksimal untuk percepatan pembangunan nagari sesuai kewenangan yang dimiliki serta sesuai dengan ketentuan undang-undang yang ada,” harap Asisten Edwin Suprayogi.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPPEDA) Kabupaten Sijunjung, Febrizal Ansori, SH, M. Si mengatakan, hasil Musrenbang nagari yang diusulkan dan dibahas pada Musrenbang kecamatan, forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Musrenbang kabupaten, seluruhnya merupakan skala prioritas bagi nagari.

Namun karena keterbatasan dana, pada forum OPD dan Musrenbang kabupaten, akan diprioritaskan yang benar-benar merupakan skalaprioritas. Artinya, karena keterbatasan dana, tidak seluruh yang menjadi skalaprioritas nagari itu bisa dibangun. Untuk itu, para walinagari dan masyarakat, diharapkan bisa memahami kondisi ini, harap Febrizal Ansori.

Disamping memajukan pembangunan nagari dengan berperan serta dalam berbagai kegiatan, Camat IV Nagari Rahmat Ronaldi, SSTP, M. Si dalam kesempatan itu juga berharap kepada segenap lapisan masyarakat mempererat hubungan silaturrahim serta meningkatkan persatuan dan kesatuan. Karena dengan kebersamaan yang terjalin erat, tidak ada yang tidak bisa dilakukan.

Selain itu, camat juga menimbau masyarakat agar berupaya mencegah penyakit demam berdarah dengan membersihkan lingkungan. Karena mencegah penyakit jauh lebih baik dari pada mengobatinya. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.