Portal Kabupaten Sijunjung

APLIKASI SI MAYA PERMUDAH PERSURATAN DI LINGKUP PEMKAB SIJUNJUNG

0

Dinas Kominfo Provinsi Sumbar sosialisasikan Aplikasi SIMAYA di Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Sijunjung yang di laksanakan di ruang training Kominfo pada Senin (26/2).

Aplikasi Si-Maya adalah Sistem Informasi Administrasi Perkantoran Maya yang mendigitalisasi kegiatan perkantoran konvensional seperti surat dari yang biasa manual sekarang menggunakan aplikasi yang dapat diakses dari ponsel Android dimanapun dan kapanpun. Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat e-Government telah mengembangkan Aplikasi Perkantoran yang diberi nama Si-MAYA yang dapat dimanfaatkan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Dalam Sosialisasi Bimtek ini di hadiri oleh seluruh Pejabat Eselon yang di latih untuk membuat surat masuk dan keluar menggunakan Aplikasi Si-Maya yang dipandu oleh Lizda Handayani S.kom, M.kom beserta Tim IT Lainnya.

Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Tata Naskah Dinas Elekronik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) No. 6 Tahun 2011 mengenai Tata Naskah Dinas Elektronik di lingkungan Instansi Pemerintah.

Sistem administrasi dikerjakan oleh beberapa orang yang tentunya memerlukan koordinasi dalam bekerja. Pemkab sijunjung mentargetkan Persuratan Dinas dengan menggunakan Aplikasi Si-Maya yang di rancang Kominfo Provinsi dan akan dikembangkan oleh Kominfo Kabupaten Sijunjung, sebagai tahap awal Si-Maya di gunakan pada Internal Dinas Kominfo Sijunjung sebelum di gunakan oleh seluruh OPD di Lingkup Pemkab Sijunjung.

Untuk itu Aplikasi Si-Maya ini sangat membantu dalam melakukan komunikasi dan koordinasi pekerjaan diinternal serta neningkatkan mutu layanan administrasi sehingga apabila pejabat yang ditunjuk untuk mendisposisi surat, dapat setiap saat membaca dan menyetujui surat yang masuk baik di dalam maupun di luar daerah sehingga tidak ada lagi istilah keterlambatan surat . Oleh karena itu dipastikan handphone yang di gunakan harus connec atau tersambung dengan internet.

Kemudian jika aplikasi ini sudah siap untuk di kembangkan maka Dinas Kominfo akan menyebarluaskan Aplikasi ini Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung(budhi/dwita-kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.