Mahasiswa UNAND Berkontribusi Dalam Perkembangan UMKM di Nagari Tanjung Gadang

MC Sijunjung- Usaha mikro kecil menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat besar dalam perekonomian suatu daerah ataupun nagari.

Kontribusi dan output yang diberikan oleh UMKM dapat menekan pendapatan suatu daerah dan juga mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki suatu daerah maupun nagari.

Majunya sebuah UMKM dapat bersumber dari berbagai faktor, sesuai dengan pernyataan Bappeda Kota Malang (2015), terdapat 6 aspek yang mampu memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan Usaha yang berbasis kecil dan menengah yakni: sumber daya manusia, produksi maupun oprasional, finansial, pemasaran, kemitraan, infrastruktur dan regulasi.

Sementara itu, pemanfaatan teknologi dalam proses pemasaran juga Menyokong eksistensi sebuah usaha.

Sebagaimana penelitian yang sudah dilakukan oleh Febriyantoro dan Arisandi (2018), “Pengaplikasian digital marketing terhadap UMKM akan mempermudah pelaku usaha untuk memperoleh informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, serta meningkatkan angka awareness dan jumlah penjualan bagi pelaku umkm”.

Transformasi digital maupun digitalisasi telah merambah ke berbagai sektor.

Fenomena ini mengharuskan kita untuk bisa beradaptasi dan selektif dalam penggunaan teknologi. Generasi muda yang merupakan pioneer atas kemajuan sebuah bangsa, bertanggung jawab atas partisipasi dan memberi dukungan atas perubahan yang terjadi baik dari skala nagari maupun nasional. Atas dasar ini, Mahasiswa KKN PPM UNAND 2023 yang berlokasi di Nagari Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung menyediakan media Workshop Digitalisasi dan Pemanfaatan media sosial yang ditujukan kepada pelaku UMKM di Nagari Tanjung Gadang.

Kontribusi ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pelaku usaha mengenai pemanfaatan yang bijak terhadap media sosial sebagai channel promosi dan pemasaran produk- produk yang mereka tawarkan.

Pada kesempatan ini, Mahasiswa kelompok 3 KKN UNAND berkonsultasi langsung dengan pelaku usaha mengenai informasi dan perkembangan usaha mereka.

Informasi yang didapatkan akan dijadikan sumber bagi Mahasiswa kelompok 3 untuk membantu dalam pembuatan poster/ pamflet produk masing-masing UMKM. Dibuatnya poster promosi ini bertujuan untuk memperluas pangsa pasar dan membantu UMKM di Tanjung Gadang agar memiliki Brand image yang lebih menarik.

Hal ini tentu akan berdampak pada tingkat penjualan dan pendapatan nantinya. Informasi yang di cantumkan pada poster berupa nama usaha, jenis produk, harga, serta alamat dan kontak yang dapat dihubungi.

Sebagai contoh, poster Panukuik Bu Afrida yang di design langsung oleh Ahya Ramadhani. Terdapat informasi penting yang di cantumkan pada poster tersebut, seperti foto panukuik berserta harganya serta alamat usaha dagangnya.

Sebagai output akhir, poster ini akan di serahkan kepada para pelaku UMKM yang nantinya dapat di bagikan melalui akun media sosial maupun sebagai pamflet di usaha dagang mereka sendiri.

Dengan ini anggota kelompok 3 KKN UNAND berharap bisa memberikan kontribusi yang maksimal pada peningkatan brand awareness dan ekskalasi pendapatan dari penjualan masing- masing produk. (Fiona Kemala Renata/Mahasiswa KKN UNAND Tanjung Gadang 2023)