Portal Kabupaten Sijunjung

AGARI MUARO GELAR LOMBA PIDATO ADAT

0

Upaya melestarikan nilai-nilai kebudayaan terus dilakukan Pemerintah Nagari Muaro Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Salah satunya, dengan menggelar lomba pidato adat antar pemuda di kenagarian tersebut.

“ Untuk melestarikan nilai-nilai kebudayaan, kami menggelar lomba pidato adat antar anak nagari di kenagarian Muaro,” kata Wali Nagari Muaro, Diagus Putra di Muaro Sijunjung, Selasa kemarin.

Ia mengatakan, lomba ini dilakukan untuk melestarikan pidato adat di kalangan anak nagari.Sebab, jika tidak dilestarikan, nilai-nilai kebudayaan yang telah diwarisi pada pendahulu atau tokoh adat akan hilang ditelah kemajuan arus informasi dan teknologi.

 “Pidato adat ini merupakan  media komunikasi yang sangat penting dalam kegiatan adat di nagari.Karena itu, perlu diwariskan kepada generasi muda,” kara Diagus Putra.

Lomba pidato adat yang rencananya akan digelar di Pasar Jumat pada tanggal 5 Oktober 2016 mendatang, pada kegiatan perdana ini Pemerintah Nagari Muaro akan memfokuskan pada pidato pasambahan ka makan.

“Dengan adanya perlombaan pidato adat ini diharapkan generasi muda termotivasi untuk  mempelajari dan mengikuti wirid pidato adat yang dilaksanakan di Nagari Muaro,” ucapnya.

Pemerintah Nagari sendiri, sebut Wali nagari, juga menyediakan reward pada peserta yang tampil sebagai pemenangan. Selain menyediakan piala, panitia juga menyediakan uang pembinaan.zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.