Senin, April 29, 2024

Di Padang Sibusuk Takbiran Menyambut Idul Adha Semarak

Padang Sibusuk, MC. Sijunjung – Sebagaimana tahun sebelumnya, takbiran keliling menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H, di Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung, Sabtu (10/8) malam, juga berlangsung semarak dan meriah.

Selain diikuti kaum muslimin yang cukup ramai, ratusan murid SD serta siswa SLTP dan SLTA yang melaksanakan takbiran keliling berjalan kaki dengan penerangan obor dan iringan genderang, juga dilombakan.

Takbiran dilepas oleh anggota DPRD Kabupaten Sijunjung; Syofian Hendri, Plh. Camat Kupitan; Adri, Kapolsek  Iptu Dian Jumes Putra, Kepala Urusan Agama; A. Fitri Mustafa, ketua Majelis Ulama Indonesia Kupitan H. Jamhur, sekretaris nagari; Ayani, wakil ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Padang Sibusuk;  Afmiralmon serta kepala MAN 2 Sijunjung; Wan Eka Putra.

Ratusan pelajar yang mengikuti takbiran, dilombakan dalam tiga tingkat, yaitu tingkat SD,  SLTP dan tingkat SLTA. Untuk peserta yang terpilih sebagai terbaik I, II dan III pada tingkat SD, PHBI Nagari Padang Sibusuk menyediakan hadia Rp500 ribu, Rp400 ribu dan Rp300 ribu.

“Sedangkan untuk tingkat SLTP dan SLTA, karena pesertanya hanya tiga SLTP dan tiga SLTA, PHBI hanya menyediahkan hadiah untuk terbaik I, Rp500 ribu. Bagi peserta yang tidak terpilih sebagai yang terbaik pada ketiga tingkat, diberi hadiah hiburan Rp250 ribu,” kata wakil ketua PHBI Padang Sibusuk, Afmiralmon didampingi bendahara PHBI, Fardian.

Dalam takbiran yang dipandu mobil dinas Kapolsek IV Nagari dan Kupitan serta diawasi oleh sejumlah anggota Lantas, yang dinilai terhadap peserta lomba yang terdiri dari delapan regu SD serta tiga regu SLTP dan tiga regu SLTA, adalah ketepatan bacaan takbir, keserasian genderang yang mengiringi dan kerapian barisan.

Rute yang ditempuh, star di depan Kantor Walinagari Padang Sibusuk, terus ke Simpang Caniago, Simpang PGA, jembatan Palak Kudo, Simpang Limo, Sindayan, Simpang Tolang, menelusuri jalan lintas Sumatera, simpang Mangkudu, pasar Padang Sibusuk dan finis di depan kantor walinagari.

Menurut Afmiralmon, takbiran keliling mempergunakan kendaraan roda empat dan berjalan kaki dengan penerangan obor yang dilakukan ratusan murid SD, rutin dilaksanakan setiap malam menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.  Tapi takbiran yang dilombahkan hanya dalam menyambut Hari Raya Idul Adha.

Disamping mensyiarkan Islam dan meningkatkan ukuwah Islamiah, tujuannya juga untuk memotivasi para pelajar agar gemar dan membiasakan diri mengumandangkan takbir, tahmid dan tasbih. Karena itu, ke depan takbiran yang dilombakan  akan dilaksanakan setiap malam menjelang  Hari Raya Idul Adha, jelas Afmiralmon.

Sebagaimana diumumkan pengurus PHBI, M. Haskil sebelum Shalat Idul Adha 1440 H dilapangan sepakbola Padang Sibusuk, Minggu (11/8), setelah dinilai oleh tim juri, dari delapan regu peserta tingkat SD yang mengikuti takbiran keliling, yang terpilih sebagai terbaik I, II dan III, SD IUT, SDN 01  dan SDN 09. Sedangkan terbaik I tingkat SLTP dan SLTA, SMP IUT Padang Sibusuk serta MAN 2 Sijunjung. –nas@sijunjung.go.id

Related Articles

- Kepala Daerah -spot_img

Latest Articles