Portal Kabupaten Sijunjung

64 PENCARI KERJA PELATIHAN DI BLK

0

Sebanyak 64 pencari kerja mengikuti  pelatihan menjahit pakaian dasar, mekanik junior sepeda motor, tehnisi telepon seluler dan pelatihan tata boga,  di Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 240 jam pelajaran dari 2 Maret sampai 25 April 2017  dengan peserta berasal dari berbagai nagari dalam Kabupaten Sijunjung, dibuka Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, di Balairung Lansek Manih, Kamis (2/3).

Pembukaan yang ditandai dengan penyerahan bahan,  peralatan dan baju seragam praktek kepada perwakilan, dihadiri  Kepala Dinas Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, Kepala BLK Padang, anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Bakri, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan sejumlah walinagari.

”Dalam upaya menciptakan lapangan pekerjaan, sejak saya diberi amanah dan kepercayaan memimpin Kabupaten Sijunjung, tahun 2010, berbagai cara telah saya lakukan. Satu diantaranya merubah 28.078 Hektare kawasan hutan menjadi Areal Penggunaan Lain (APL),” kata Bupati Yuswir Arifin.

Kini, sebagian dari APL seluas 28.078 Ha yang semula merupakan kawasan hutan, tengah dilakukan berbagai kegiatan oleh investor. Diantaranya 22 ribu Ha untuk kebun kelapa sawit, 5 Ha untuk pembangunan pabrik pupuk Dolomik, 17  Ha untuk pengolahan Bio Disel dan 37 Ha untuk pabrik pengolahan CPO. Disamping itu juga tengah dilakukan  pemboran minyak dan gas serta pemboran gas metan.

“Dengan dilakukannya berbagai kegiatan pada 28.078 Hektare kawasan hutan yang sudah  menjadi APL oleh investor, saya berharap pemuda pemudi Kabupaten Sijunjung yang belum memiliki pekerjan tetap, bisa menjadi tenaga kerja pada berbagai kegiatan itu, sesuai keahlian yang dimiliki,” harap bupati.

Disamping membuka lapangan kerja dengan merubah status kawasan hutan menjadi APL, guna mengurangi jumlah pencari kerja yang cenderung merinsek naik, aparatur Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi melalui UPTD BLK, selalu berusaha menggiring generasi muda supaya bisa mandiri dan membuka lapangan pekerjaan sendiri, dengan cara memberi bimbingan dan pelatihan berbagai keterampilan, seperti pelatihan menjahit pakaian dasar, mekanik junior sepeda motor, tehnisi telepon seluler dan pelatihan tata boga yang diadakan sekarang.

Sebagaimana dilaporkan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, 160 orang (60 persen) dari pencari kerja yang mengikuti berbagai pelatihan di BLK pada tahun 2016, disamping bekerja di berbagai tempat, ada juga yang telah membuka usaha sendiri dan berkelompok.

“Justru itu, supaya tujuan pelatihan yang dibuka hari ini mencapai sasaran, yaitu mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, profesional, kompetensi serta relevan dengan kondisi dan kebutuhan dunia kerja, saya berharap dan mengimbau seluruh peserta mengikuti dengan serius dan sungguh-sungguh, supaya ilmu yang diperoleh bisa dimanfaatkan untuk bekerja dengan orang lain atau membuka usaha sendiri,” pesan Bupati Yuswir Arifin.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung, Riky Mainaldi Neri, SSTP, M. Si mengatakan, pelatihan yang setiap paket kegiatan, diikuti 16 peserta, dilaksanakan selama 240 jam pelajaran dari 2 Maret sampai 25 April 2017.

Selain gratis, selama pelatihan berlangsung, seluruh peserta dibekali dengan modul, bahan serta peralatan pelatihan dan praktek, alat tulis, snek, makan siang, baju seragam praktek, uang transportasi dan asrama bagi yang ingin menginap. Seusai pelatihan, peserta yang lulus  diberi sertifikat. –nas@sijunjung.go.id

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.