Portal Kabupaten Sijunjung

400 GURU PAUD IKUTI SEMINAR NASIONAL

0

Sebanyak 400 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) utusan berbagai jorong dalam Kabupaten Sijunjung, mengikuti seminar Nasional Alat Permaianan Edukatif (APE) kreatif dan penerapan parenting, Rabu (25/5), di gedung Pancasila.

Seminar yang diselenggarakan aparatur Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung, dibuka oleh Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo.   Pembukaan yang berlangsung sederhana, dihadiri kepala SKPD, kepala UPTD Pendidikan kecamatan, nara sumber dan seluruh peserta.

“Bagaimana dan seperti apa akhlak, iman, moral, sipat, sikap, tingka laku, kepribadian dan karakter anak-anak Sijunjung ke depan, sangat ditentukan oleh para orangtua, guru PAUD dan saya selaku kepala daerah sekarang,” kata Bupati Yuswir Arifin pada pembukaan seminar itu.

 “Sebagaimana ditayangkan dan diberitakan media masa, kita sangat ngeri dan takut melihat rusaknya moral anak-anak sekarang. Masih duduk di bangku SLTP, sudah memperkosa dan membunuh. Sungguh sangat mengerikan dan menakutkan,” ulas bupati.

Sekarang saja, sudah begitu sadis dan ganasnya anak-anak dan remaja, bagaimana agaknya 20 tahun mendatang. Seperti apa akhlak, iman, moral, sipat, sikap, tingka laku, kepribadian dan karakter mereka, alaualam.

Karena itu, dalam upaya menyelamatkan anak-anak dan remaja agar tumbuh dan berkembang menjadi anak Indonesia yang beriman, berakhlak mulia, bermoral dan berkepribadian yang baik, Pemda Sijunjung mencurahkan perhatian dan kepedulian yang tinggi terhadap perkembangan dan kemajuan PAUD, dengan harapan para orangtua dan seluruh pelaku PAUD juga mencurahkan perhatian dan kepedulian yang sama.

Berbagai upaya yang dilakukan Pemkab Sijunjung guna menumbuh kembangkan serta memajukan PAUD dan TK, antara lain membangun gedung sekaligus melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan, mencanangkan satu PAUD satu jorong serta membina, melatih dan mendidik guru dan pengelola PAUD itu sendiri.

Berkat upaya dan kerja keras yang dilakukan, hasil yang dicapai tidak hanya tumbuh dan berkembang serta majunya PAUD dan TK, tapi pada tahun 2014,  Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung terpilih sebagai Bunda PAUD terbaik III di tingkat Nasional dari 502 Bunda PAUD kabupaten/kota se-Indonesia.

Atas keberhasilan yang diraih, Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung  yang juga ketua tim penggerak PKK daerah ini, menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Berprestasi Tingkat Nasional dari Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah, tambah Bupati Yuswir Arifin.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung H. Efigon selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan penyelenggaran seminar adalah meningkatkan pemahaman, wawasan dan keterampilan guru PAUD dalam menyusun dan melaksanakan program parenting di lembaga PAUD serta meningkatkan keterampilan dalam pembuatan APE kreatif.

Supaya tujuan tercapai, nara sumber yang menyajikan materi dalam seminar, adalah pimpinan Lembaga PAUD Mutiara Ibu Purworejo Jawa Tengah, Sisilia Maryati. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.