Portal Kabupaten Sijunjung

26 BALITA BERKOMPETISI TINGKAT KABUPATEN

0

Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung mengadakan Lomba Balita Sehat tingkat Kabupaten, Rabu (26/7) di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pemantauan tumbuh kembang anak.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Sijunjung, Ketua DPRD, Ketua TP PKK, Ketua GOW, Kepala OPD dan Undangan.

Dalam laporan panitia pelaksana oleh Kepala Dinas Kesehatan, drg. Ezwandra, M.Sc mengungkapkan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah pembinaan kesehatan anak yang diarahkan untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental dan sosial anak sejak dalam kandungan,serta meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak usia 0-6 tahun dengan membina kemampuan dasar sedini mungkin sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Dengan adanya Lomba Balita Sehat ini akan melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Adapun peserta pada Lomba Balita Sehat merupakan pemenang dari masing-masing seleksi utusan dari 13 Puskesmas se-Kabupaten Sijunjung, dengan kategori I Umur 6-24 bulan dan kategori II Umur 25-59 bulan.

“Peserta kategori I berjumlah 13 anak dan kategori II berjumlah 13 anak, mereka akan bekompetisi dalam ajang Lombah Balita Sehat.” tambah Ezwandra.

Dalam sambutan Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengatakan, upaya membangun manusia seutuhnya harus dimulai sedini dan seawal mungkin melalui kegiatan kesehatan ibu dan anak sehingga usia balita ditujukan untuk melindungi anak dari ancaman kematian dan kesakitan yang membawa cacat serta membina, membekali dan memperbesar potensinya menjadi manusia sehat, berkualitas dan tangguh.

Ia berpesan, seorang ibu harus bisa menjadi duta bagaimana mencetak bayi dan balita sehat, karena menjadi cerdas modalnya harus sehat terlebih dahulu, dengan adanya lomba ini kiranya dapat memotivasi semua pihak untuk memberikan perhatian besar terhadap anak.

Salah satunya yang dilakukan adalah Lomba Balita Sehat yang sudah merupakan program nasional, ” Selamat kepada pemenang nantinya, kiranya dapat mencapai prestasi yang baik ditingkat Provinsi Sumatera Barat mewakili Kabupaten Sijunjung” tambahnya. (dicko-kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.