Portal Kabupaten Sijunjung

2017 DPRD DAN PEMDA BAHAS 15 RANPERDA

0

2017dprdPada masa rapat tahun 2017, DPRD dan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Sijunjung akan membahas 15 rancangan peraturan daerah (Ranperda).

Berdasarkan hasil rapat Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD dengan Pemda Sijunjung pada 30 November 2016, telah disepakati 15 Ranperda, baik inisiatif dari DPRD mau pun usulan Pemda untuk dibahas pada masa rapat DPRD tahun 2017.

“Dari 15 Ranperda tersebut, satu merupakan inisiatif DPRD dan 14 usulan dari Pemda,” kata Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo pada rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Sijunjung dalam rangka penutupan masa rapat tahun 2016 dan pembukaan masa rapat tahun 2017, di gedung dewan, Jumat (6/1).

Rapat yang dipimpin wakil ketua DPRD Walbardi, dihadiri  Wakil Bupati H. Arrival Boy, unsur Forkopinda, Sekdakab A.T. Rohendi, pejabat teras Pemkab, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD),  camat se-Kabupaten Sijunjung serta wakil dan segenap anggota dewan.

Sebanyak 14 Ranperda yang merupakan usulan Pemda Sijunjung, akan disampaikan dalam tiga tahap pada Maret, Juni dan Oktober. Tahapan dan jumlah penyampaian Ranperda itu telah mempertimbangkan waktu dan kesiapan OPD pemrakarsa dalam menyusun Ranperda tersebut.

Tahun 2017 merupakan tahun kedua rencana pembangunan jangka menengah daerah 2016-2021, sehingga pembahasan Ranperda yang telah disepakati dalam program pembentukan peraturan daerah akan menyesuaikan dengan perencanaan yang telah ditetapkan bersama.

“Karena itu, kami atas nama pemerintah daerah berharap kepada pimpinan dan anggota DPRD dalam pembahasan Ranperda dapat kita laksanakan secara optimal sesuai dengan tahapan dan jumlah penyampaian Ranperda yang kami usulkan,” harap bupati.

Disisi lain bupati menjelaskan, dalam melaksanakan fungsi budgeter pada masa rapat tahun 2016, Pemda dan DPRD telah merampungkan pembahasan serta menyepakati Peraturan Daerah (Perda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2015, perubahan APBD tahun 2016 dan APBD tahun anggarn 2017 dalam jangka waktu sesuai dengan regulasi yang ada.

Ketepatan dan kesuaian waktu pembahasan Perda tersebut, tidak terlepas dari niat bersama  untuk memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan Kabupaten Sijunjung.

Disamping itu, dalam menjalankan fungsi budgeter, telah terakomodir aspirasi masyarakat, baik melalui musyawarah pembangunan mau pun melalui hasil tinjauan DPRD pada masyarakat dalam reses ke daerah pemilihan yang dituangkan ke dalam pokok-pokok pikiran DPRD.

“Untuk itu, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat, saya menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD atas terlaksananya fungsi budgeter ini dengan baik. Dengan harapan ke depan fungsi budgeter ini tetap terlaksana sebagaimana mestinya,” kata Bupati Yuswir Arifin. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.