Portal Kabupaten Sijunjung

192 Pencari Kerja Ikuti Berbagai Pelatihan

0

Muaro. MC. Sijunjung, – Sebanyak 192 pencari kerja mengikuti  berbagai pelatihan di Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung serta pada beberapa nagari.

Pelatihan yang dilaksanakan dari 24 Januari sampai 13 Maret 2019 dengan peserta berasal dari berbagai nagari dalam Kabupaten Sijunjung, dibuka Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, di BLK tersebut, Kamis (24/1).

Pembukaan yang ditandai dengan pemasangan tanda peserta, penyerahan bahan, peralatan dan baju seragam praktek kepada perwakilan, dihadiri  Kepala BLK Padang, ketua DPRD Kabupaten Sijunjung; Yusni Darti, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat.

Berbagai pelatihan yang diikuti peserta, menjahit, mekanik sepeda motor, komputer, tata boga dan  membatik (masing-masing dua paket) serta pelatihan instalasi penerangan dan bertenun (masing-masing satu paket).

Disamping mengikuti pelatihan dengan serius dan sungguh-sungguh, Bupati Yuswir Arifin juga berharap kepada seluruh peserta memulai pelatihan dengan menanamkan niat yang kuat dalam hati untuk menjadi penjahit, mekanik sepeda motor, mekanik komputer, tata boga dan  pembatik yang profesioanal, supaya pelatihan yang diselenggarakan mencapai sasaran dan harapan sesuai tujuan serta berhasil dan berdayaguna untuk peningkatan ekonomi dan kesejehteraan peserta.

Tujuan penyelenggaraan pelatihan adalah, peserta yang semula tidak tahu dengan tata cara menjahit, tata boga dan  membatik serta tidak pandai memperbaiki sepeda motor dan komputer, setelah mengikuti pelatihan harus mengerti dan menguasai bagaimana tata cara menjahit, tata boga dan  membatik serta  memperbaiki sepeda motor dan komputer.

“Karena itu, kepada seluruh peserta saya berharap mengikuti pelatihan dengan serius dan sungguh-sungguh. Mulai pelatihan dengan menanamkan niat yang kuat dalam hati untuk menjadi penjahit, mekanik sepeda motor, mekanik komputer, tata boga dan  pembatik yang profesioanal, supaya ilmu yang diperoleh bisa dipergunakan untuk berusaha. Jangan hendaknya usai mengikuti pelatihan kita kembali ke titik nol seperti semula. Bila ini yang terjadi, berarti tujuan penyelenggaraan pelatihan tidak tercapai. Hanya membuang-buang waktu, tenaga, pikiran dan dana,” kata Bupati Yuswir Arifin.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Sijunjung, Riky Mainaldi Neri, SSTP, M. Si, selaku ketua pelaksana mengatakan, dari 12 paket pelatihan yang diselenggarakan, pelatihan instalasi penerangan, sepeda motor dan pelatihan tata boga dilaksanakan di BLK serta di Nagari Aie Amo dan di Nagari Tanjung Gadang. Sedangkan pelaihan bertenun diadakan di Nagari Siaur, pelatihan membatik di Nagari Muaro Takung dan Sinyamu.

Selain gratis, selama pelatihan berlangsung, fasilitas yang diperoleh peserta, snag dan makan siang, pakaian kerja, uang trasnportasi, alat tulis kerja, penginapan dan sertipikat bagi yang lulus.

Di sisi lain Riky Mainaldi Neri mengatakan,  secara keseluruhan pada 2019 ini Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan 85 paket pelatihan dengan 1.360 orang peserta. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.