Portal Kabupaten Sijunjung

15 PERAJIN IKUTI PELATIHAN LANJUTAN MEMBATIK

0

Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM (Dagperinkop dan UKM) Kabupaten Sijunjung kembali memprogramkan kegiatan pelatihan keterampilan lanjutan membatik.

Pelatihan membatik lanjutan dilaksanakan selama lima hari, Senin s/d Jumat (12-16/6)  di Hotal Bukik Gadang.” Kegiatan ini program kerjasama dengan ISI Padang Panjang,” kata Kepala Dinas Dagperinkop dan UKM Kabupaten Sijunjung, Em Yasri didampingi Kepala Bidang Industri, Hendri Nurka di Muaro Sijunjung.

Pelatihan lanjutan ini, sambung Em Yasri, dikuti sebanyak 15 orang peserta.Mereka, sebut Kadis Dagperinkop dan UKM, sebelumnya pernah mendapatkan pelatihan membatik yang digelar Dinas Dagperinkop dan UKM di Telabang Sakti Kecamatan Kamang Baru.

Ke-15 orang peserta itu, berasal dari empat nagari di daerah ini.Nagari Kamang sebanyak tujuh orang peserta, Nagari Kunangan parik rantang empat peserta, Nagari Latang dua orang peserta dan Nagari Muaro dua peserta.

“ Peserta pelatihan adalah orang-orang pilihan atau cakap  dan mampu berdasarkan peringkat yang diambil para pendamping,” jelas Kepala Bidang Industri.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan lanjutan membatik ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan  pendapatan usaha keluarga.

Dan tak kalah pentingnya, kegiatan ini juga untuk memupuk wirausaha/perajin baru yang kreatif dalam menciptakan produk-produk baru.”Kita berharap Kecamatan Kamang Baru menjadi sentra batik kebanggaan Kabupaten Sijunjung,” ucapnya.

Em Yasri juga mengatakan, selain memberikan keterampilan, pihaknya juga  memberikan dan menyediakan bantuan transportasi dan uang saku serta akomodasi dan konsumsi kepada seluruh peserta.-zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.