Portal Kabupaten Sijunjung

Wahana Wisata Telabang Sakti Dipadati Pengunjung

0

Kamang. MC. Sijunjung,  –     Biasanya dalam suasana lebaran, baik hari Raya Idul Fitri mau pun hari Raya Idul Adha, Wahana Wisata Telabang Sakti yang terletak di Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung selalu dipadati pengunjung.

“Sebagaimana pada hari balimau menjelang memasuki Bulan Suci Ramadhan, dalam suasana lebaran, baik hari Raya Idul Fitri mau pun hari Raya Idul Adha, Wahana Wisata Telabang Sakti juga dipadati pengunjung. Jumlahnya berkisar antara 5.000 sampai 6.000 orang,” kata pemilik Wahana Wisata tersebut, Sahbudin Dt. Sinaro, menjawab Sijunjung. MC.  Minggu (2/6), di objek wisata tersebut.

Pengunjung sebanyak itu tidak saja berdatangan dari berbagai kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat, tapi juga dari provinsi tetangga, Riau dan Jambi, ulas Sahbudin Dt. Sinaro yang lebih dikenal Datuak Abu.

Ramainya pengunjung, karena Wahana Wisata itu memiliki berbagai sarana untuk mandi-mandi dan berekreasi. Diantaranya empat kolam renang, dua unit water park mini, time zone mini, hotel, aula, kantin dan pentas hiburan.

Tapi, meski pengunjungnya sudah cukup ramai, namun Datuak Abu mengaku belum membisniskan Wahana Wisata Telabang Sakti secara utuh.

Artinya, Wahana Wisata yang mulai dibangun serta dibenahi dan dilengkapi sejak 12 tahun lalu, hingga sekarang pengelolaannya masih bersifat sosial dan promosi, pada hal pengunjungnya cukup ramai setiap hari, terlebih Sabtu dan Minggu serta hari libur.

“Karena masih bersifat sosial dan promosi, meski pengunjungnya ada setiap hari, namun karcis masuk hanya dijual pada hari Sabtu dan Minggu serta pada hari libur,” aku Datuak Abu.

Kalau pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur itu Wahana Wisata dipakai oleh masyarakat atau pegawai untuk menggelar acara atau kegiatan, penjualan karcis ditiadakan.

Hebatnya, kepada masyarakat dan pegawai yang mempergunakan lokasi Wahana Wisata untuk menggelar acara atau kegiatan, Datuak Abu tidak mematok sewa, sehingga imbalan yang diterima hanya sekitar Rp300 ribu dan Rp400 ribu, bahkan ada yang gratis. Pada hal bila penjualan karcis yang Rp5 ribu untuk orang dewasa (anak-anak gratis) dilakukan, hasilnya mencapai Rp4 juta sampai Rp5 juta. Kalau pada suasana lebaran, hasil yang didapat lebih besar lagi.

Pengunjung serta masyarakat dan pegawai yang mempergunakan Wahana Wisata Telabang Sakti yang indah, sejuk dan damai untuk berbagai acara dan kegiatan, tidak hanya yang berdomisili di Kabupaten Sijunjung, tapi juga dari Kabupaten Dharmasraya dan Teluk Kuantan.

Acara atau kegiatan yang sering diadakan, pelantikan dan pertemuan pengurus berbagai organisasi, arisan pegawai dan guru, peringatan hari ulang tahun, kegiatan pemerintahan, cemping serta kemah pramuka dan trail adventure, kata Datuak Abu.

Disamping Wahana Wisata Telabang Sakti, Kabupaten Sijunjung juga memiliki objek wisata lain yang dalam suasana lebaran selalu ramai pengunjungnya. Yaitu objek wisata Pasir Putih di Nagari Silokek dan Ngalau Loguang di Nagari Aie Angek, Kecamatan Sijunjung. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.