Portal Kabupaten Sijunjung

Upacaraa HUT Korpri dan PGRI Sukses

0

Muaro, MC Sijunjung – Upacara  Hari Ulang Tahun Korp Pegawai Republik Indonesia (HUT Korpri) ke-48  dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 tingkat Kabupaten Sijunjung, di lapangan sepakbola Prof. M. Yamin Muaro Sijunjung, Jumat (29/11), berlangsung lancar dan sukses.

Bertindak selaku inspektur serta komandan upacara,  Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo dan guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Palangki, Kecamaan IV Nagari, Okta Windra.

Pengibar bendera merah putih dipercayakan kepada pegawai Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat; Hendru Young, Yohanda Tedo Pratama dan Alek Mustika Surya Lesmana. Pembaca Pembukaan UUD 1945 dan pengucap Panca Prasetya Korpri; guru SDN 11 Silokek, Kecamatan Sijunjung; Delvi serta pegawai Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat; Welly Andri. Pembaca ikrar guru, guru SDN 16 Limo Koto, Kecamaan Koto VII; Tria Hasrizal.

Ucapara dihadiri Forkopimda, ketua Pengadilan Negeri, kepala lembaga pemasyarakatan,  pejabat teras Pemkab, perwira Kodim dan Polres, kepala OPD dan ketua berbagai organisasi wanita. Peserta upacara, keluarga besar Korpri, PGRI, anggota Kodim dan Polres, pegawai Lapas serta siswa SLTP dan SLTA .

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo selaku penasehat Nasional Korpri dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Yuswir Arifin  mengajak seluruh anggota Korpri untuk terus menerus bergerak mencari terobosan dan  terus menerus melakukan inovasi. Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit dan yang menyulitkan rakyat, harus dipangkas. Kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi.

Orientasi birokrasi harus betul-betul berubah, bukan lagi berorientasi pada prosedur, tapi lebih berorientasi pada hasil nyata. Panjangnya rantai pengambilan keputusan juga harus dipotong dan dipercepat dengan cara penerapan teknologi.

“Saya sudah minta eselon III dan IV ditiadakan supaya pengambilan keputusan lebih cepat. Hal yang pahit harus kita lakukan, karena di era persaingan antar negara yang semakin sengit seperti saat ini, jika lambat kita pasti tertinggal. Karena itu, ukurannya adalah bukan lebih baik dari sebelumnya, tapi lebih baik dari negara lain yang menjadi saingan kita,” kata presiden.

Sementara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan tertulis yang juga dibacakan Bupati Yuswir  Arifin mengajak dan mengimbau  insan guru agar melakukan perubahan kecil di kelas.

Perubahan yang dianjurkan menteri, ajak siswa berdiskusi, bukan hanya mendengar. Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas. Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh siswa. Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri dan tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Usai upacara, Bupati Yuswir  Arifin dan Forkopimda serahkan hadiah kepada juara pertandingan bola voli yang dilaksanakan untuk memeriahkan HUT PGRI ke-74. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.