Portal Kabupaten Sijunjung

Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 37 tahun 2019 dan Seminar Nasional Penguatan Pendidikan Karakter dan Pelibatan Keluarga di Satuan PAUD

0

Kandang Baru, MC Sijunjung- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, menggelar Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 37 tahun 2019 dan Seminar Nasional penguatan Pendidikan karakter dan pelibatan keluarga di satuan PAUD, di Gedung DPRD Kandang Baru, Rabu 11 Desember 2019.

Kegiatan yang dibuka Bupati Sijunjung, H.Yuswir Arifin ini menghadirkan narasumber dari Direktur Pembinaan Paud Dit.Jend.PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI diwakili Khairullah, M.Si dan Dekan FIP Universitas Negri Padang, Prof.Dr. Rusdinal, M.Pd.

Sosialisasi dan seminar nasional sehari ini juga dihadiri Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung, Ny. Hj.En Yuswir Arifin, Kepala OPD, Camat beserta Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung dan diikuti oleh 392 orang guru PAUD se Kabupaten Sijunjung.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan diwakili Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Syamsul Bahri, S.Pd MM selaku panitia pelaksana melaporkan perjalanan PAUD di Kabupaten Sijunjung.

“Pada tahun 2007 telah berdiri sebanyak 165 lembaga PAUD yang terdiri dari 60 Kelompok Bermain(KB), 101 TK, 4 TPA dengan APB 6,14% dan sekarang APK Paud telah mencapai 79,41% dengan jumlah 506 lembaga yang terdiri dari TK 140, RA 29, KB 212, TPA 10 ,dan SPS 115,” ujar Syamsul.

Pada tahun 2015 lanjut Syamsul, Kabupaten Sijunjung meraih rekor MURI Cipta lagu terbanyak 1.041 lagu anak anak PAUD dan Lounching Film Dokumenter PAUD setinggi langit, dan tahun 2017 kembali raih rekor Dunia MURI pembuatan APE terbanyak dari bahan limbah berbasis budaya lokal (6.524 APE). Pada tahun 2019 juga meraih Rekor MURI karnaval oleh anak usia dini terbanyak.

“Itu semua tidak terlepas dari perjuangan Bupati dan Bunda PAUD Kabupaten Sijunjung yang telah mencapai berbagai prestasi. Bahkan di Tahun 2017 Bupati Sijunjung menerima anugrah PAUD Tingkat Nasional dari Presiden RI Joko Widodo dan Bunda PAUD Sijunjung dipercaya menjadi narasumber Tingkat Nasional di Batam pada acara Rakor PAUD Tingkat Nasional, ” jelas Syamsul Bahri.

Bupati Yuswir Arifin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Direktur Pembinaan PAUD dan Dekan FIP UNP di Sijunjung Ranah Lansek Manih.” Semoga kedatangan Bapak Direktur dan Dekan FIP UNP memberikan perobahan besar terhadap kemajuan dunia pendidikan di daerah kita ini hendaknya,”ucapnya.

Disampaikan Bupati Yuswir Arifin bahwa, Perbup PAUD ini sudah diundangkan pada Perbup No 17 tahun 2014 lalu, kemudian terjadi perobahan Perbup No.8 tahun 2017, dan terakhir Perbup no. 37 Tahun 2019 ” ini semua untuk mengakomodir terhadap pelaksanaan PAUD secara Holistik-Integratif, sehingga semua kebutuhan esensial anak terpenuhi, tidak hanya pendidikan, tetapi kesehatan dan gizi, serta pengasuhan dan perlindungan anak,”ujar nya.

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sijunjung lanjut Bupati, berbagai kerjasama telah dilakukan seperti P4 TK, LP2 KS Solo dan dengan peeguruan tinggi lainnya baik dalam bentuk diklat tenaga pendidik, seminar, workshop maupun dalam bentuk rekrutmen kepala sekolah.

” Pada kesempatan ini, kehadiran pejabat dari Direktorat PAUD akan membawa banyak harapan kepada Sijunjung, terutama dalam hal melakukan pelayanan pada semua satuan PAUD dengan layanan berkualitas, apalagi peserta yang hadir ini adalah peserta yang bersentuhan langsung terhadap layanan PAUD di masing masing wilayah Kecamatan dan Nagari,”harap Bupati Yuswir Arifin.andri@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.