Portal Kabupaten Sijunjung

Sepanjang Sabtu dan Minggu (21-22/12/2019), sejumlah daerah di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, dihantan banjir dan longsor

0

Sijunjung, MC Sijunjung- Akibat bencana tersebut, selain merendan rumah warga banjir juga juga menggantam gorong-gorong jalan Kabupaten di Koto VII serta bencana longsor juga menerjang rumah warga di Kecamatan Tanjung Gadang.

Untuk itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin didampingi sejumlah pejabat terkait, seperti Kadis Kesehatan, Plt Kepala BPBD, Henry Chaniago, Kadis Sosial diwakili Kabid Linjamsos, Arismanita, SH pada Minggu, (22/12/2019) mendatangi senumlah lokasi bencana yang terjadi di daerah itu.

Tak percaya? Tengok saja, pada hari itu, bupati bersama rombongan meninjau rumah salah seorang warga, bernama Maswarlis Peto Ahmad di Jorong Koto Panjang, Nagari Limo Koto, Kecamatan Koto VII.

Bupati menyaksikan bencana yang terjadi di Kotopanjang tersebut berupa penghentakan tanah. Terbannya tanah tanah milik warga itu, diduga ada lobang panjang yang berada di bawah rumah warga dan apabila air hujan lebat setiap waktu tanah ini bisa turun kebawah.

Bahkan informasi dari masyarakat sudah terdapat 10 rumah yang terkena bencana tersebut dan 26 rumah yang masih terkena dampak nya, diperkirakan warga kondisi ini akan terus bertambah karna tanah dibawah masih lunak.

Tak hanya itu, bupati beserta rombongan juga meninjau rumah warga di Jorong Timbulun Patah, Nagari Tanjung Gadang, Iyan umur 50 tahun (Jaswir) dan rumah Dr Imelda Kapus Tanjung Gadang.

Rumah iyan tersebut terkena tanah longsor yang mengakibatkan kedai Iyan yang baru dibangun dengan empat pintu tersebut rata dengan tanah. Sedangkan Dr Imelda yang terkena adalah bangunan belakang rumah seperti kamar mandi yang roboh karena longsor tersebut.

Bupati dan rombongan dalam peninjauan ini juga membawa bantuan untuk warga yang terkena musibah, diantaranya tenda, peralatan dapur dan mie instan. Di Tanjung Gadang, bupati didampingi Anggota DPRD, Syafrul Khatib dan Aprizal PB, serta Sekcam Tanjung Gadang dan Wali Nagari Tanjung Gadang.

Bupati juga meninjau jalan yang lonsor di Dusun Mudiak Motuang, Jorong Guguak Naneh, Nagari Tanjuang Gadang, dan terakhir bupati meninjau rumah Ita di Nagari Taratak Baru Utara yang dinding rumahnya terkena longsor.andri@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.