Portal Kabupaten Sijunjung

Sebelum Panen, Kelompok Tani Pincuran Calau Dikunjungi Kadis Disparperi dan Kominfo

0

Sumpur Kudus, MC Sijunjung – Sebelum digelarnya masa panen Ikan Patin,  Kelompok Tani pincuran Colau Jorong Colau Kenagarian Sumpur Kudus Selatan,  Kecamatan Sumpur Kudus,  Kabupaten Sijunjung dikunjungi Kepala Dinas Pangan dan Perikanan dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika,  Kamis (19/9).

“Yang mana kegiatan ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh perkembangan dan persiapan kelompok tani sebelum masa panen serta melihat bagaimana cara pengembangan budi daya ikan,” ungkap Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Nizam Ulmuluk.

Kami dari Pemerintah Kabupaten Sijunjung akan terus selalu berupaya membina serta mengembangkan sektor perikanan budi daya menjadi sumber perekonomian alternatif petani sehingga Kabupaten Sijunjung menjadikan daerah itu produsen perikanan budi daya khususnya di jorong colou ini, jelasnya.

Kemudian Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Rizal Efendi mengatakan akan berupaya mempromosikan dan mempublikasikan hasil produksi sehingga usaha yang digeluti petani tersebut benar-benar menguntungkan dan dapat dipasarkan dengan lancar.

“Semoga upaya promosi dari yang akan kami lakukan dapat membantu petani dalam mengembangkan sayap bisnisnya sehingga dikenal di daerah lain,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Produksi Perikanan, Nining Wisma Utami berharap tempat pengembangan ikan patin ini oleh masyarakat sekitar sebagai komoditas alternatif budi daya ikan.

“Dengan adanya kolam ikan ini, sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat dalam mengomsumsi ikan,” jelasnya.

Keswadayaan anggota kelompok sangat di harapkan,  sehingga tercapainya produksi ikan patin sesuai kebutuahan pasar dengan berat setengah kilogram perekornya.

Kemudian, Ketua Kelompok Tani, Baharuddin menjelaskan Kelompok pembudidayaan ikan pincuran calou ini merupakan Binaan dari Disparperi yang terdiri dari sepuluh orang anggota kelompok tani, yang mana telah berdiri sejak tahun 2013 yang lalu.

“Adapun ikan yang kami kembangkan berupa Ikan Patin,  Nila,  Gurami dan Lele dan hasil dari penjualan ikan tersebut akan kita peruntukkan untuk pembelian makanana dan kas kelompok” ungkapnya. (Noven)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.